Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapat Pleno KPU, Pilkada Riau Dimenangkan Syamsuar-Edy Natar

Kompas.com - 08/07/2018, 16:39 WIB
Idon Tanjung,
Dian Maharani

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau 2018 di Pekanbaru, Minggu (8/7/2018).

Pantauan Kompas.com, hasil rekapitulasi suara dari 12 kabupaten dan kota di Riau, akhirnya dimenangkan oleh pasangan nomor urut 1 Syamsuar-Edy Natar dengan meraih 799.289 suara.

Pasangan yang diusung Partai PAN, PKS, dan NasDem ini unggul di 9 kabupaten dan kota.

Di Kota Pekanbaru meraih 138.664 suara, Kabupaten Rokan Hulu 69.946 suara, Kabupaten Rokan Hilir 97.239 suara, Kota Dumai 41.144 suara, Kabupaten Bengkalis 87.709 suara, Kabupaten Kepulauan Meranti 38.999 suara, Kabupaten Siak 110.020 suara, Kabupaten Pelalawan 36.161 suara. dan Kabupaten Kuantan Singingi 39.881 suara.

Baca juga: Coblosan di TPS Daerah Rawan dan Terisolasi di Riau Dipantau Pakai Heli

Sementara itu, pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hartdianto yang diusung Partai PKB dan Gerindra mendapat 369.802 suara.

Untuk pasangan nomor urut 3 Firdaus-Rusli yang diusung Partai Demokrat dan PPP meraih 416.248 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut 4 Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno yang diusung Partai Golkar, PDI-P dan Hanura meraih 507.187 suara.

Untuk jumlah suara sah 2.082.526. Suara tidak sah, 53.606. Totalnya 2.146.132 suara.

Tidak ada gugatan ke MK

Ketua KPU Riau Nurhamin meyakini tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara di Pilkada Riau.

Baca juga: Rapat Pleno KPU Jabar, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Menangi Pilkada Jabar

"Untuk kesempatan pendaftaran ke MK kita buka 3x24 jam atau selama tiga hari. Tapi, saya kira dengan prosesi tadi, saya yakin dan percaya tidak ada yang keberatan dengan hasil ini. Karena tadi berita acara sudah ditandatangani saksi dari keempat paslon," akui Nurhamin.

Bahkan, sambung dia, sudah beredar di publik paslon nomor 1 (Syamsuar-Edy) sudah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Paslon 2 (Lukman-Edy), Paslon 3 (Firdaus-Rusli) dan Paslon 4 (Arsyadjuliandi Rachman-Suyatano).

"Saya kira ini kesadaran paslon yang luar biasa. Mungkin hanya di Riau yang ada seperti ini," ungkap Nurhamin.

Menurut dia, seluruh paslon juga memiliki ketauladanan sesuai dengan motto KPU Riau yakni Bersih, Partisipatif, Adil dan Santun (Berpantun).

Nurhamin menambahkan, untuk penetapan kemenangan pasangan Pilgub Riau akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Sedangkan untuk pelantikan, pihaknya menunggu perintah Presiden maupun Mendagri.

"Kita juga harus berhati-hati dan memastikan tidak ada masalah Pilkada Riau di MK," ucap Nurhamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com