Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idrus Marham: Belum Ada Sinyal Golkar Pasangkan Jokowi-TGB

Kompas.com - 07/07/2018, 22:33 WIB
Fitri Rachmawati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Politisi Partai Golkar Idrus Marham, yang juga Menteri Sosial menyebutkan, belum ada sinyal Partai Golkar menyandingkan Joko Widodo (Jokowi) dengan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi.

Menurut Idrus, siapapun pilihan Jokowi, kesembilan partai politik (Parpol) termasuk Golkar akan memberi dukungan penuh untuk Pilpres 2019 mendatang,

"Persoalan calon itu kita serahkan kepada Jokowi. Ya, dengan terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan ketua umum partai-partai pendukungnya," kata dia. 

"Dengan satu komitmen siapapun yang dipilih Jokowi, dengan pertimbangan rasional objektif dan faktual itu tidak mempengaruhi soliditas dukungan dari parpol-parpol untuk memastikan Jokowi dengan pasangannya menang Pilpres 2019, 60 persen," ujar Idrus Marham dihadapan ratusan mahasiswa se-Pulau Lombok, di Lombok Raya, Sabtu (7/7/2018).

Idrus berpandangan, pernyataan TGB yang mendukung Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinannya satu periode lagi merupakan hal biasa dalam politik.

Baca juga: TGB : Kontestasi Politik 2019 Itu Bukan Perang Badar

"Ya saya kira... jadi gini, jadi kita di dalam menyampaikan sikap politik, kita jangan pernah berpikir semua orang pasti mendukung, pasti ada pro kontra. Yang pasti saya katakan bahwa dukungan TGB pada Jokowi adalah keberanian berkata jujur melihat prestasi prestasi yang ada, ini yang dimiliki TGB," kata Idrus.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menilai dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) terhadap kepemimpinan dua periode Presiden Joko Widodo bukanlah sikap mendadak.

Menurut dia, TGB juga berupaya membuka peluang untuk ikut pada Pilpres 2024 nanti setelah menyatakan akan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019.

"Sikap atau pilihan politik TGB ini sendiri adalah sesuatu yang realistis. Bagaimanapun, TGB sudah dua periode jadi gubernur di NTB. Adalah hal logis jika beliau mulai menaikan pamor untuk bisa duduk sebagai tokoh nasional. Pilpres 2019 ini adalah salah satu pintu masuknya," kata Ray kepada Kompas.com, Jumat (6/7/2018).

Menurut Ray, TGB selama ini juga tak pernah menunjukkan sikapnya sebagai bagian dari pihak oposisi.

Kompas TV Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang menjelaskan pernyataannya soal dukungan untuk Presiden Joko Widodo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com