Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekapitulasi Pilkada Sumba Barat Daya, Kornelius-Marthen Unggul

Kompas.com - 06/07/2018, 22:36 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TAMBOLAKA, KOMPAS.com - Pasangan nomor urut tiga Kornelius Kodi Mete-Marthen Christian Taka, unggul dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kornelius Kodi Mete-Marthen Christian Taka menggungguli pasangan calon petahana nomor urut satu, Markus Dairo Talu-Gerson Tanggu Dendo dan pasangan calon nomor urut dua Dominggu Dama-Kornelis Tanggu Bore.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumba Barat Daya yang digelar Jumat (6/7/2018), Kornelius Kodi Mete-Marthen Christian Taka unggul dengan raihan 67.764 suara.

Sedangkan pasangan petahana Markus Dairo Talu-Gerson Tanggu Dendo, memeroleh 63.886 suara dan Dominggu Dama-Kornelis Tanggu Bore memeroleh 11.660 suara.

Baca juga: Teka-teki Nining yang Dilaporkan Hilang 1,5 Tahun Lalu Terungkap

Ketua KPU Sumba Barat Daya Mikael Bulu mengatakan, Kornelius Kodi Mete-Marthen Christian Taka yang diusung oleh Partai Demokrat, Hanura, PAN, dan PDI-P itu, menang di enam kecamatan dari total 11 kecamatan di wilayah itu.

Kornelius Kodi Mete-Marthen Christian Taka lanjutnya, unggul di Kecamatan Kodi (13.266 suara), Kodi Balaghar (5.950 suara).

Kemudian Kodi Bangedo (8.571 suara), Kodi Utara (22.610 suara), Kota Tambolaka (15.279 suara) dan Loura (7.923 suara).

Sedangkan pasangan calon petahana Markus Dairo Talu-Gerson Tanggu Dendo, yang diusung Partai Nasdem, Golkar, dan PKS, unggul di lima kecamatan.

Yakni Wewewa Barat (14.097 suara), Wewewa Selatan (7.820 suara), Wewewa Tengah (9.635 suara), Wewewa Timur (9.470 suara) dan Wewewa Utara (3.266 suara).

Baca juga: Kawasan Dieng Diselimuti Embun Es, Ini Keterangan Mereka yang Mengabadikannya

"Hasil ini sudah kita kantongi dan ketahui bersama-sama dan sudah ditetapkan KPU. Kepada semua pihak yang terlibat dalam pleno hari ini, kami dari KPU mengucapkan terima kasih," ucapnya Mikael Bulu.

Atas kerja sama dan dukungannya semua pihak lanjut Mikael, pleno ini bisa berjalan dengan aman dan lancar, yang akhirnya menghasilkan sebuah keputusan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com