Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MXGP Digelar di Semarang, "Contraflow" Diberlakukan di Jalan Protokol

Kompas.com - 05/07/2018, 23:40 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Menjelang kejuaraan dunia motocross MXGP seri ke-13 di Kota Semarang, Jawa Tengah, polisi memberlakukan sistem lawan arus atau contraflow di jalan protokol di kota ini.

Sistem itu akan diberlakukan sejak memasuki kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) hingga Pasar Mijen, Semarang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi mengatakan, kepolisian telah melakukan rekayasa arus lalu lintas menuju lokasi kejuaraan MXGP di Mijen Semarang. Jalur reguler menuju Kendal akan ditutup selama 3 hari ke depan.

Contraflow mulai besok pagi jam 6 sampai selesainya acara MXGP hari Minggu,” ujar Ardi, saat ditemui di Balaikota Semarang, Kamis (5/7/2018).

Baca juga: Unik, Dua Anak Kembar di Yogyakarta Bernama RI 1 dan RI 2 (1)

Penutupan jalur itu, lanjut Ardi, sesuai syarat dari panitia agar lokasi bersih dari lalu lalang kendaraan.

“MXGP di Mijen dilakukan rekayasa ruas jalan ke BSB. Panitia ingin lokasi clear, makanya dari utara dibelokkan ke kanan contraflow melalui jalur lingkar. Contraflow dilaksanakan sampai Minggu sore,” ujarnya.

Selain melakukan rekayasa, polisi juga menambah personel untuk mengatasi pengaturan lalu lintas di lapangan. Perbantuan melibatkan kepolisian sektor setempat.

Baca juga: Ibu Hamil dan Anak Balitanya yang Berbagi Pelampung Saat Kapal Tenggelam Ditemukan Tewas

Kejuaraan dunia MXGP sendiri rencananya dimulai pada 6-8 Juli 2018 di sirkuit BSB Mijen, Semarang. Namun sebelum kejuaraan dimulai, sore tadi digelar unjuk kebolehan para atlet freestyler di halaman balaikota Semarang.

Pada Jumat, seluruh crosser akan melakukan Meet and Greet di Hotel Gumaya yang dihadiri pula oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, serta Fédération Internationale de Motocyclismeatau FIM.

Pada hari kedua, diselenggarakan kualifikasi seri balapan nasional dan internasional mulai pukul 12.00 WIB. Sedangkan untuk seri balapan utama MXGP akan disajikan pada hari ketiga, atau minggu mulai pukul 11.00 WIB.

Pengunjung pun dapat mulai masuk ke arena sejak pukul 10.00 untuk melihat-lihat pameran motor pabrikan yang mengikuti event kejuaraan MXGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com