KPU Kabupaten Semarang Tetapkan Kemenangan Ganjar-Yasin di Pilgub Jateng 2018 - Kompas.com

KPU Kabupaten Semarang Tetapkan Kemenangan Ganjar-Yasin di Pilgub Jateng 2018

Kompas.com - 04/07/2018, 22:39 WIB
Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di Gedung PAUDNI, Ungaran, Rabu (4/7/2018) siang.KOMPAS.com/SYAHRUL MUNIR Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di Gedung PAUDNI, Ungaran, Rabu (4/7/2018) siang.

UNGARAN, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Semarang menetapkan kemenangan pasangan Ganjar Pranowo - Taj Yasin atas Sudirman Said - Ida Fauziah dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di Gedung PAUDNI, Ungaran, Rabu (4/7/2018) siang.

Proses Rekapitulasi yang dijaga puluhan aparat kepolisian bersenjata lengkap ini berlangsung lancar dengan sedikit perbaikan pada data pemilih yang tidak berpengaruh pada hasil perolehan masing-masing pasangan calon.

"Memang ada hal yang menjadikan sedikit koreksi itu wajar dan tidak ada keberatan saksi. Hanya persoalan-persoalan yang kecil di dalam belum sinkronisasi terhadap penulisan di dalam daftar pemilih misalnya, tetapi tidak berpengaruh terhadap perolehan suara," kata Ketua KPU Kabupaten Semarang Guntur Suhawan, usai kegiatan tersebut pada Rabu sore.

Baca juga: Hasil Rekapitulasi Suara KPU, Ganjar-Yasin Menang di Kota Magelang

Menurut Guntur, hasil rekapitulasi ini tidak berubah dari sistem hitung cepat KPU yang sudah diumumkan sebelumnya, dimana pasangan calon nomor urut satu Ganjar-Yasin memperoleh suara sebesar 64 persen dan pasangan nomor urut dua Sudirman-Ida memperoleh suara 36 persen.

Adapun rinciannya adalah, Ganjar-Yasin memperoleh 364.169 suara, sedangkan Sudirman-Ida mendapatkan sebanyak 183.863 suara.

"Perolehan suara aman, dari proses di TPS sampai PPK dan sampai prosesnya di tingkat Kabupaten ini masih dalam batas konsisten. Berarti tetap," imbuhnya.

Sementara itu, untuk jumlah surat suara yang diterima termasuk cadangan 2.5 persen sebanyak 775.779 lembar. Dari jumlah itu, surat suara yang dinyatakan rusak setelah dilakuakn pensortiran sebanyak 188 lembar. Jumlah surat suara yang tidak digunakan termasuk sisa sebanyak 205.273 lembar.

Baca juga: Bawaslu Terjunkan Tim Patroli Pengawasan Masa Tenang ke TPS Rawan di Pilgub Jateng

Guntur menambahkan, jumlah suara sah pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 27 Juni 2018 lalu sebanyak 548.032 dan suara tidak sah 22.286. Sehingga jumlah keseluruhan suara yang digunakan yaitu sebanyak 570.318.

"Untuk tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Semarang secara keseluruhan mencapai 75,2 persen,” ujarnya.

Meski tingkat partisipasi sebesar 75.2 persen di bawah target sebesar 77.5 persen, lanjutnya, namun pelaksanaan Pilkada Jawa Tengah di Kabupaten Semarang dinilai berhasil dan kondusif.

"Tidak ada keberatan dari saksi maupun Panwas (terhadap Rekapitulasi)," tuntasnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X