Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Dinamis LRT Palembang Sudah Mencapai 23,4 Kilometer

Kompas.com - 04/07/2018, 19:27 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Uji dinamis Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), telah berhasil dilakukan. Kereta ringan itu sudah mampu menempuh jarak sepanjang 23,4 kilometer.

Tes dinamis itu dilakukan dari stasiun Jakabaring hingga menuju stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin. Dari hasil tes satu jalur, sangat berjalan mulus tak ditemukan kendala.

Pejabat Pembuat Komitmen LRT Palembang Suranto mengatakan, selama uji dinamis dilakukan, kecepatan kereta digunakan mencapai 90 kilometer per jam.

Namun, pada penggunaannya nanti akan digunakan kecepatan hanya 70kilometer perjam, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Baca juga: Tampik Ucapan Prabowo, PPK Sebut Biaya LRT Palembang Rp 10,9 Triliun 

“Hasil tes satu jalur, semuanya berjalan mulus dan tak ditemukan kendala. Setela ini kita akan lakukan tes dinamis di jalur kedua,” kata Suranto, Rabu (4/7/2018).

Suranto menjelaskan, usai tes dinamis kedua jalur rampung, tahap kedua akan dilakukan tes uji beban menggunakan jerigen air untuk melihat daya tampung kereta.

"Uji beban sebenarnya sudah pernah dilakukan dengan membawa orang pada tes pertama. Nanti akan diuji lagi dengan menggunakan Dumi (sejenis jerigen air),” ujarnya.

Baca juga: Uji Dinamis LRT Palembang Berhasil, Menhub Budi Karya Lega

Dalam satu rangkaian kereta diperkirakan bisa menampung sebanyak 300 hingga 530 penumpang.

Saat ini, sudah ada empat rangkaian kereta LRT berada di Palembang dan diprediksi kedatangan dua rangkaian lagi akan tiba dalam waktu dekat.

"Sebelum 15 Juli seluruh rangkaian kereta berjumlah delapan rangkaian ditargetkan sudah ada di Palembang,” jelasnya.

Baca juga: Hasil Uji Dinamis LRT Palembang, Kecepatan Tembus 35 Km Per Jam

Kompas TV Dari sejumlah sumber yang tim KompasTV kumpulkan menyebutkan biaya per kilometer dari pembangunan LRT memang beragam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com