Dara Cantik Asal Thailand Tertangkap Selundupkan Sabu 1,1 Kg - Kompas.com

Dara Cantik Asal Thailand Tertangkap Selundupkan Sabu 1,1 Kg

Kompas.com - 03/07/2018, 17:05 WIB
Pengungkapan penyeludupan sabu seberat 1,124 kg di bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Selasa (3/7/2018)  KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Pengungkapan penyeludupan sabu seberat 1,124 kg di bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Selasa (3/7/2018)

SEMARANG, KOMPAS.com - Seorang wanita cantik berkebangsaan Thailand ditangkap jajaran Bea Cukai Jawa Tengah-DIY karena diduga menyelundupkan sabu-sabu saat masuk di wilayah Indonesia.

Warga Thailand berinsial WB (22) ini ditangkap diduga membawa sabu-sabu seberat 1,14 kg saat tiba di Terminal Baru Bandara Internaispnal Ahmad Yani Semarang, Minggu (1/7/2018) kemarin.

"Kami temukan 1 bungkus kristal bening di tas punggung milik tersangka WB, 1 bungkus itu disimpan di tas di bagian tersembunyi. Setelah dilakukan pemeriksaan kristal itu adalah metamphetamine," ujar Kepala Kantor Pengawasan dna Pelayanan Bea Cukai Jateng-DIY Tjertja Karja Adil, saat rilis kasus tersebut, Selasa (3/7/2018) di kantornya.

Baca juga: Lagi, Calon Penumpang Pesawat Tertangkap Bawa Sabu di Selangkangan

Tjertja mengatakan, WB tiba di terminal kedatangan Bandara Ahmad Yani pada Minggu (1/7/2018) sore. Saat datang, ia menaiki pesawat Silk Air dari Singapura dengan tujuan Semarang.

Petugas mencurigai WB karena saat pemeriksaan profiling terdapat tingkah laku mencurigakan. Setelah berjalan melewati X-ray, petugas melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap barang bawaan WB.

Untuk menambah keyakinan, petugas juga melakukan wawancara atas yang bersangkutan. Hasilnya, sambung Tjertja, didapati saru bungkus kristal bening yang diduga metamphetamine di dalam tas punggung dara 22 tahun tersebut.

"Setelah kita cek laboratorium, kristal bening itu positif mengandung methamphetamine atau sabu-sabu dengan total bruto 1.149 gram," tambahnya.

Baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan 3 Kilogram Sabu di Perbatasan Entikong

Setelah diungkap, petugas bea cukai kemudian melimpahkan ke penyidik Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah.

"WB ini mengaku profesinya penyanyi, pengakuannya baru pertama kali datang ke Semarang. dia berencana untuk shopping," tambahnya.

Kepala BNN Jawa Tengah Brigadir Jenderal Tri Agus Heru menambahkan, WB yang merupakan WNA asal Thailand diduga merupakan seorang kurir.

WB terbang dari Bangkok ke Singapura menggunakan maskapai Singapore Air Line, sementara dari Singapura ke Semarang menaiki Silk Air.

Baca juga: 4 Tersangka Kasus Sabu 1 Ton Diadili di Batam

"WB mengaku diperintah seseorang yang ada di Thailand untuk menginap semalam di hotel di semarang, dan akan diberikan tiket pulang ketika berhasil," ujar Heru.

Atas penangkapan itu, WB terancam hukuman yang berat. Ia dijerat dengan pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 UU Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau seumur hidup. 



Close Ads X