Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mas GM Sudarta Itu Figur Bapak Sekaligus Guru Kartunis di Indonesia"

Kompas.com - 03/07/2018, 05:26 WIB
Wijaya Kusuma,
Reni Susanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 13 karya karikatur figur Kartunis senior harian Kompas GM Sudarta berjejer di halaman depan Bentara Budaya Yogyakarta (BBY).

Karya-karya ini dibuat secara spontan oleh para kartunis usai mendapat kabar GM Sudarta meninggal dunia.

"Ini semuanya ada 13 karya. Ada Satu yang merupakan karya Mas GM (GM Sudarta) sendiri, karya lama," ujar Agus Jumianto, Ketua Paguyuban Kartunis Yogyakarta saat ditemui Kompas.com di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY), Senin (2/7/2018).

Agus menjelaskan, karikatur GM Sudarta yang terpasang di halaman Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) merupakan karya para kartunis. Tidak hanya kartunis Yogyakarta, namun juga dari luar kota.

Baca juga: Mengenal Sosok Karikaturis GM Sudarta, Si Pengkritik Yang Humoris

"Jadi karya ini figur dan karakter Mas GM Sudarta menurut teman-teman kartunis. Ada karya kartunis dari Jakarta, Bandung, Aceh, Yogyakarta, dan Semarang," tegasnya.

Karya karikatur ini dibuat para kartunis dalam waktu singkat. Karya ini dibuat setelah mendapat informasi GM Sudarta meninggal dunia dan abu jenazahnya akan disemayamkan di Bentara Budaya Yogyakarta.

"Ini spontan, mendapat kabar langsung bikin karya, ya hanya dalam hitungan jam saja. Kita kejar cetak agar sore ini bisa langsung dipasang," urainya.

Sebenarnya, banyak para kartunis yang hendak mengirimkan karya-karyanya ke Bentara Budaya Yogyakarta. Hanya saja, urung dikirimkan karena keterbatasan waktu.

"Sebetulnya masih ada beberapa teman kartunis yang akan kirim, tapi waktunya ga ngejar. Pemakamannya kan besok," ungkapnya.

Baca juga: Pemred Kompas: Karikatur GM Sudarta seperti Bisikan di Tengah Keramaian...

Agus mengatakan, GM Sudarta pernah tinggal, kuliah, dan berkarya di Yogyakarta.

Meski tinggal dan berkarya di Jakarta setelah dari Yogyakarta, namun GM Sudarta tidak pernah melupakan teman-teman kartunis di daerah.

"Terus terang, bagi kami, Mas GM itu figur seorang bapak sekaligus guru kartunis di Indonesia. Saya dan teman-teman sempat menjenguk Mas GM, waktu itu saat dirawat di Pantirapih," tandasnya.

Abu almarhum GM Sudarta tiba di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) sekitar pukul 20.00 WIB. Almarhum disemayamkan di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) sebelum pada Selasa (3/7/2018) dimakamkan di Makam Seniman Girisapto, Imogiri, Bantul. 

Kompas TV Karikaturis Harian Kompas, Gerardus Mayela Sudarta meninggal dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com