Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Sebelum KPU Memutuskan, Tak Ada Istilah Kemenangan

Kompas.com - 01/07/2018, 13:45 WIB
Dendi Ramdhani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum mendapat raihan suara terbanyak dalam Pilkada Jawa Barat 2018 versi penghitungan cepat sejumlah lembaga survei.

Meski demikian, Ridwan Kamil meminta seluruh elemen pendukung untuk menahan diri sebelum ada pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar.

"Saya dari awal sudah menyampaikan acara di Hotel Papandayan itu bukan perayaan kemenangan, tapi mensyukuri berita baik," kata Ridwan Kamil di Rumah Pemenangan Pasangan Rindu, Jalan Cipaganti, Bandung, Minggu (1/7/2018).

"Karena kami paham sebelum KPU memutuskan resmi, tidak ada istilah kemenangan," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Baca juga: Ridwan Kamil: Saya Larang Euforia Berlebih, Tidak Boleh Ada Pawai

Proses penghitungan suara (scan C1) Pilkada Jabar bisa dipantau di laman resmi KPU. Namun, hingga pukul 13.11 WIB, laman tersebut tak dapat diakses.

Kang Emil mengatakan, dari hasil pantauan timnya pada Sabtu (30/6/2018) petang, proses scan C1 hampir mencapai 100 persen.

"Dan angkanya (hasil rekapitulasi) tidak jauh berbeda dengan quick count di TV," ucap Wali Kota Bandung periode 2013-2018 itu.

Meski begitu, Kang Emil itu sudah menginstruksikan timnya agar mengawal seluruh proses penghitungan manual untuk memastikan proses rekapitulasi suara berjalan sesuai prosedur.

"Sehingga kita terus mengawal di lapangan. Relawan saya tugaskan jangan sekali pun terlewat penghitungan di kecamatan sampai kabupaten kota. Karena penghitungan KPU ini versi digitalnya, versi aslinya kan harusnya sinkron," ucap Ridwan Kamil.

Kompas TV Berikut keterangan pers dari Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com