Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dugaan Manipulasi Data Rekapitulasi Pilkada Makassar, Panwaslu Akan Periksa Ketua KPU

Kompas.com - 29/06/2018, 22:54 WIB
Hendra Cipto,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Viral, foto rekapan data perolehan suara Pilkada Sulsel yang diduga dimanipulasi beredar luas di media sosial.

Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Makassar pun langsung melayangkan surat panggilan pemeriksaan terhadap Ketua KPU Makassar Syarif Amir.

Rekapan data yang diduga dimanipulasi merupakan data C1 hasil pemungutan suara asli dengan data C1 hasil pemungutan suara yang diduga palsu. Isi data C1 itu berbeda dari hasil pemungutan suara, padahal lokasi TPS sama.

Beragam tanggapan yang muncul dari netizen terkait data yang diduga dimanipulasi. Ada yang pro dan ada yang kontra, sehingga menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Rencananya, Ketua KPU Makassar Syarif Amir akan diperiksa oleh Panwaslu pada Sabtu (30/6/2018) sekitar pukul 08.00 Wita.

“Iya, Panwaslu Makassar sudah melayangkan surat panggilan terhadap KPU Makassar. Besok jadwal pemeriksaan ketua KPU Makassar sekitar pukul 08.00 Wita. Agenda pemeriksaan terkait banyak surat C1 yang diduga dimanipulasi beredar luas di media sosial,” kata Ketua Panwaslu Kota Makassar, Nursari ketika dikonfirmasi, Jumat (29/6/2018) malam.

Baca juga: Nurdin Abdullah-Andi Menang Pilkada Sulsel Versi Quick Count LSI

Sementara itu, lembaga pengawas Pilkada Makassar dari Pemuda Pancasil juga akan melaporkan kasus dugaan manipulasi hingga perubahan data hasil pemungutan suara.

Pemuda Pancasila pun memperingatkan KPU Makassar agar tidak mempermainkan hasil pemungutan suara Pilkada Makassar.

“Saya ingatkan kepada KPU agar tidak mempermainkan suara rakyat dalam Pilkada Makassar. Saya ingatkan juga kepada Panwaslu agar lebih meningkatkan pengawasannya dan menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengawal Pilkada Makassar,” kata pimpinan Pemuda Pancasila wilayah Sulsel, Adi Rasyid Ali dalam konfrensi persnya, Jumat (29/6/2018) malam.

“Kami punya data, foto, video di seluruh TPS di Kota Makassar. Sudah ada beberapa hasil perolehan suara di TPS-TPS yang telah diubah dan kasus ini akan kami laporkan ke Panwaslu Makassar. Data kami lengkap, semua kami akan serahkan ke Panwaslu,” ancam dia.

Baca juga: Quick Count Populi Center Pilkada Sulsel Data 100 Persen: Nurdin-Sudirman Menang

Kompas TV Selain itu, panitia yang bekerja di TPS ini juga mengenakan seragam adat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com