8 Hiu Paus Jadi Magnet Pariwisata Gorontalo

Kompas.com - 28/06/2018, 21:37 WIB
Anak-anak nelayan di Botubarani bermain dengan hius paus di dekat rumah mereka. Hiu paus ini menjadi daya tarik wisata andalan Provinsi Gorontalo KOMPAS.com/ROSYID AZHARAnak-anak nelayan di Botubarani bermain dengan hius paus di dekat rumah mereka. Hiu paus ini menjadi daya tarik wisata andalan Provinsi Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.com – Delapan hiu paus  (rhincodon typus) masih menjadi magnet wisatawan asing yang datang ke Provinsi Gorontalo.

Wisatawan asing yang rata-rata dari benua Eropa ini menghabiskan waktu lebih lama di Gorontalo untuk snorkling atau diving di Pantai Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Sambil menunggu jadwal kapal feri ke Kepulauan Togean, para wisatawan asing menyelam hingga puas dengan hiu paus.

“Pekan ini yang datang banyak dari Perancis, Belanda, Jerman, Finlandia, dan negara lain,” kata Agus Kamba, pemandu wisata Gorontalo, Kamis (28/6/2018).

Baca juga: Tak Ada Aturan Jelas, Hiu Langka Bebas Diperdagangkan di Pasar di Gorontalo

Banyaknya wisatawan mancanegara asal Eropa ini berbarengan dengan libur musim panas yang terjadi pertengahan Juni hingga pertengahan September.

“Wisatawan asing sangat menikmati wisata hiu paus, tempatnya mudah dijangkau dan tidak sulit menemukan satwa raksasa ini,” ujar Agus Kamba.

Turis asing yang datang umumnya pelintas batas antara Sulawesi Utara dan Togean di Sulawesi Tengah.

Biasanya, Gorontalo hanya dijadikan tempat transit. Mereka menginap semalam sambil menunggu kapal berangkat atau datang.

Jadwal Kapal feri dari dan ke Togean pada hari Selasa dan Jumat.

Baca juga: 2 Hiu Paus Ini Diberi Nama Susi Pudjiastuti dan Brahmantya

“Kami terus melakukan promosi untuk mengenalkan wisata hiu paus. Satwa ini sangat mudah dijangkau dari hotel di pusat kota," kata Nancy Lahay, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

"Siapa saja bisa menikmati sambil menyelam, snorkling, bahkan menyewa perahu nelayan,” tambahnya.

Nancy Lahay mengakui, sejak keberadaan hiu paus ini ditemukan, kunjungan wisatawan asing maupun nusantara meningkat tajam.

Peningkatan ini berimbas pada penghasilan masyarakat Botubarani maupun pelaku wisata lainnya.

Mereka bisa menyewakan perahu, menjual kulit udang untuk pakan, dan layanan lainnya kepada wisatawan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X