Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Puti Guntur Soekarno untuk Kader PDI-P Jatim

Kompas.com - 27/06/2018, 22:07 WIB
Achmad Faizal,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Meski kalah dalam hitung cepat (quick count) Pilkada Jawa Timur, Cawagub Jatim Puti Guntur Soekarno meminta kader PDI-P Jatim tetap semangat mengawal proses penghitungan suara hingga ke tingkat KPU.

"Kepada seluruh kader PDI-P, agar tetap semangat mengawal proses penghitungan sampai di tingkat KPU Jawa Timur," ujar Puti di kediaman Cagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Rabu (27/6/2018).

Puti menjelaskan, hasil hitung cepat sejumlah lembaga yang memenangkan pasangan lawannya, Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistyanto Dardak, bukanlah hasil resmi.

"Karena itu kader PDI-P harus tetap semangat," jelasnya.

Baca juga: Ini Hasil Akhir 3 Quick Count Pilkada Jatim: Khofifah-Emil Menang

Bagi cucu Bung Karno itu, hasil Pilkada Jatim adalah proses politik yang harus dilalui. "Bagi saya pribadi, ini adalah bagian dari pembelajaran politik," ucapnya.

Puti juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen di Jawa Timur, termasuk para ulama yang selama ini mendukung dirinya dan Gus Ipul.

"Kepada para ulama, saya berterima kasih atas doa, dukungan, dan bimbingannya," jelas Puti.

Sejumlah lembaga yang menggelar hitung cepat memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistyanto Dardak di Pilkada Jatim.

Baca juga: Khofifah-Emil Menang Pilkada Jatim Versi Quick Count LSI

 

Hitung cepat Litbang Kompas, pasangan nomor urut 1 unggul 53,36 persen hingga pukul 18.03 WIB.

Sementara Pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno mendapatkan 46,64 persen suara. Angka itu dengan jumlah sampel suara yang masuk sebanyak 100 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com