Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarak Pilkada, TPS di Bandung Gunakan Dekorasi Piala Dunia

Kompas.com - 27/06/2018, 13:12 WIB
Agie Permadi,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Guna menarik minat pemilik suara untuk menggunakan hak pilihnya di Pilkada serentak 2018 ini, warga RW Jalan Cibadak memanfaatkan moment Piala Dunia ini untuk menghiasai tempat pemungutan suara (TPS).

Berdasarkan pantauan di lapangan, tampak TPS tersebut dihias dengan ornamen yang berkaitan dengan Piala Dunia.

Ada sebuah piala imitasi berukuran besar yang terbuat dari kertas terpasang berdiri tepat di pintu keluar TPS. Piala buatan ini merupakan karya kreatif warga Jalan Cibadak.

Kemudian, ornamen balon berwarna-warni dan bendera peserta Piala Dunia pun menghiasi mengitari di TPS tersebut.

Baca juga: TPS Bernuansa Horor di Semarang Ramai Dikunjungi Pejabat

 

Untuk menambah suasana piala dunia, panitia pun tak lupa menggantungkan bola-bola disekitarnya. Sedangkan untuk penutup TPS sendiri warga menggunakan spanduk yang bertemakan Piala Dunia.

Tidak hanya itu, panitia pun menggunakan kaos tim peserta piala dunia, seperti kaos tim sepak bola Brazil, Italia hingga Perancis.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungut Suara (KPPS) TPS 5 Darus Mulyana mengatakan momen piala dunia ini dimanfaatkan warga sekitar jalan Cibadak, khususnya RW 02, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung untuk menarik animo masyarakat menggunakan hak pilihnya.

"Kami ditunjuk untuk membuat tenda TPS tematik. Karena ini sedang ramai Piala Dunia, momen ini kami manfaatkan untuk membuat TPS dari kehebohan ini," kata Darus.

Baca juga: Mencoblos di TPS Ini Seperti Hadir di Pesta Pernikahan Adat Jawa

Menurut Darus, warga bahu membahu mempersiapkan konsep tenda TPS ini selama empat hari. Mulai dari pembuatan piala, hingga print bendera peserta piala dunia.

Di TPS tersebut, ada tiga RT di RW 02, Kelurahan Cibadak, Astana Anyar Kota Bandung yang menggunakan hak pilihnya di tempat tersebut yakni RT 06, RT 07 dan RT 08.

"Ini kan tujuanya untuk menyukseskan Pilkada serentak di Jawa Barat. Alhamdulilah antusias warga sangat baik menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Menanggapi TPS tersebut, Ita (35) warga RT 06 mengatakan bahwa dengan adanya TPS ini dirinya lebih tertarik untuk menggunakan hak piihnya. "Iya ini bagus sekali, kreatif ya. Tentunya saya jadi tertarik menggunakan hak pilihnya," katanya.

Ia berharap TPS lain bisa mengikuti untuk menciptakan TPS yang unik, selain untuk menarik peminat pemilik suara juga mengasah kreatifitas warganya. "Semoga TPS lain juga bisa seperti ini, jadi ada suasana berbeda jadi dari TPS yang biasanya," harapnya.

Kompas TV Cagub Sumut Djarot Saiful Hidayat mencoblos di TPS 5, Jl Cik Ditiro, Medan, Sumatera Utara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com