Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Pemain" Timnas Brasil hingga Spanyol di TPS "Kampung Piala Dunia"

Kompas.com - 27/06/2018, 11:14 WIB
Mela Arnani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Beragam tempat pemungutan suara (TPS) unik hadir mewarnai puncak Pilkada Serentak 2018, Rabu (27/6/2018).

Salah satunya yang dikemas oleh penyelenggara pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Dukuhan Nayu RT 002 RW 030 Kadipiro, Surakarta, Jawa Tengah.

TPS 96 Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, ini mengambil tema Piala Dunia 2018.

Mereka juga menyebut kampungnya dengan "Kampung Piala Dunia".

Mayor Haristanto adalah inisiator TPS bertema Piala Dunia ini.

Baca juga: Seram, Pemilih di TPS Ini Disambut Kuntilanak hingga Pocong

Ia mengatakan, tema ini dipilih dengan harapan warga yang datang untuk menggunakan hak pilihnya lebih banyak sehingga mengurangi golongan putih (golput).

TPS unik bertema Piala Dunia di Dukuhan Nayu, Kadipiro, Surakarta.KOMPAS.com/MELA ARNANI TPS unik bertema Piala Dunia di Dukuhan Nayu, Kadipiro, Surakarta.
"Saya ingin memadukan politik dan sepak bola. Saya berharap politisi Indonesia, antara lain para calon kepala daerah bisa belajar fair play seperti di sepak bola dunia. Sisi lain agar warga pencoblos antusias hadir di TPS dan tidak golput," kata Mayor kepada Kompas.com, Rabu pagi.

Pantauan Kompas.com, petugas TPS mengenakan baju bola dari berbagai negara peserta piala dunia, celana olahraga, bahkan menggunakan sepatu sepak bola.

Baca juga: TPS Dedi Mulyadi Dimeriahkan Pertunjukan Kecapi Suling

Ada yang mengenakan kostum timnas Brasil, Spanyol, dan lain-lain.

"Dirancang begitu, kami ingin total. Saya senang, mereka (petugas) TPS merespons baik, walau mereka harus beli atau pinjam. Mereka sampai ada yang pinjam sepatu bola. Totalitas memang penting," ujar Mayor.

Di kawasan TPS ini juga dibuat imbauan dan tulisan-tulisan untuk menciptakan pilkada damai dan menghargai perbedaan.

Dekorasi lain terkait tema Piala Dunia, ada pula scoring board yang memperlihatkan dua pasangan calon gubernur Jawa Tengah, papan jadwal Piala Dunia 2018, bendera negara peserta Piala Dunia 2018, dan sebagainya.

TPS unik bertema Piala Dunia di Dukuhan Nayu, SurakartaKOMPAS.com/MELA ARNANI TPS unik bertema Piala Dunia di Dukuhan Nayu, Surakarta

Warga yang berdatangan ke TPS pun terlihat antusias. Akhmadi, salah seorang warga yang akan menggunakan hak suaranya di TPS ini, mengatakan antusias terhadap konsep yang diusung.

"Seru, unik. Tertarik dengan konsep seperti ini, konsepnya bagus, mumpung ada piala dunia. Lumayan menarik," kata Akhmadi.

Litbang Kompas Pasangan di Pilkada Jatim

Kompas TV Anggaran yang dikeluarkan oleh KPU untuk memfasilitasi para pemilih pun tidak sedikit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com