Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Serentak 27 Juni, 4.000 Napi di Sumsel Ikut Mencoblos

Kompas.com - 27/06/2018, 08:34 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Sumatera Selatan juga ikut menyalurkan hak suara mereka di Lapas maupun rutan, Rabu (27/6/2018).

Kepala Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Sudirman D Hury ketika mengatakan, sebanyak 4.000 lebih WBP masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Baik di Rutan maupun di Lembaga Pemasyarakatan (LP) telah disiapkan untuk pencoblosan dengan dipasang tenda kursi. Untuk Rutan Klas 1 Palembang terdapat 2 TPS khusus yaitu TPS 35,” kata dia. 

Baca juga: Hari Ini, 5 Juta Lebih Warga Sumsel Mengikuti Pilkada

Sedangkan di LP Klas 1 Merah Mata terdapat 1 TPS yakni TPS 20. Demikian juga di LP dan Rutan lain di luar kota Palembang Wilayah Sumsel juga telah dipersiapkan hal- hal yang sama, untuk para warga binaan mencoblos.

Sudirman menjelaskan, seluruh WBP, dapat menyalurkan hak suara jika memenuhi persyaratan dan masuk dalam DPT yang ditentukan oleh KPU.

"Bagi tahanan sepanjang persyaratan nya telah diberikan KPU dan telah masuk dalam DPT boleh saja, kecuali bagi mereka kasus Tipikor yang atas putusan Hakim dicabut hak nya maka tidak dibolehkan, untuk mencoblos,” ungkapnya.

Baca juga: Puluhan Ribu Warga Sumsel Terancam Tak Bisa Berikan Hak Suara

Kompas TV Empat pasangan calon saling beradu program.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com