Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini "Ritual" Cawagub Uu Ruzhanul Umum Sebelum Nyoblos di TPS

Kompas.com - 27/06/2018, 06:31 WIB
Ari Maulana Karang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang berpasangan dengan Ridwan Kamil, punya sejumlah agenda yang akan dijalaninya sebelum masuk bilik suara pada Rabu (27/6/2018).

Uu yang sejak Senin (25/6/2018) telah kembali menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya, Selasa (26/8/2018) malam, diketahui telah pulang ke rumahnya di lingkungan Pondok Pesantren Miftah Huda di Desa Kalimanggis Kecamatan Manonjaya.

Sebelum mendatangi TPS 01 Desa Kalimanggis Kecamatan Manonjaya, Uu rencananya akan terlebih dahulu berziarah ke makam kakeknya yang juga pendiri pondok pesantren Miftahul Huda yaitu KH Khoer Affandi yang ada di lingkungan Ponpes Miftahul Huda. Usai itu, Uu akan melakukan sungkeman ke orangtuanya KH Soleh Nasihin.

Baca juga: Ketika Dedi Mulyadi dan Uu Ruzhanul Ulum Adu Argumen Soal Rumput dan Sampah Alun-alun

"Biasanya nyekar dulu ke makam kakeknya terus sungkem ke orangtua, baru ke TPS," jelas H Thoriqul Huda, sepupu Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui di lingkungan Ponpes Miftah Huda, Selasa (26/6/2018) tengah malam.

Pria yang biasa disapa Abah Thoriq ini mengungkapkan, setelah mencoblos, Uu akan memantau proses pencoblosan suara berkeliling Tasikmalaya. Rencananya, Uu pun akan memantau proses penghitungan suara dari kediamannya di Ponpes Miftahul Huda.

"Biasanya ke TPS sekitar jam 8 pagi, setelah itu keliling mantau," katanya.

Menurut Bahasa Thoriq, awalnya setelah mencoblos di TPS Uu akan memantau penghitungan suara di Bandung. Namun, sepertinya tidak jadi dan akan memantau penghitungan suara di Tasikmalaya. Apalagi, kediamannya di lingkungan Ponpes Miftahul Huda juga telah dijadikan utama untuk memantau proses penghitungan.

Baca juga: Uu Ruzhanul Ulum Utus Istrinya Sosialisasikan Rindu di Tanah Abang

Ponpes Miftahul Huda sendiri, berdiri di Desa Kalimanggis Kecamatan Manonjaya diatasi tanah seluas kurang lebih 49 hektar. Ponpes yang di pimpin oleh KH Asep Maoshul Affandi ini, memiliki santri lebih dari 4 ribu orang.

"Sekarang masih libur, masuknya (santri) mulai tanggal 29 Juni ini," jelas bakal calon legislatif dari Partai NasDem ini. 

Kompas TV Simak dialognya dalam Sapa Indonesia Pagi berikut ini!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com