Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Minati Jasa Kapal Laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Kompas.com - 25/06/2018, 12:37 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Hampir 60 ribu orang tercatat menggunakan jasa via kapal laut pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Jumlah itu berpotensi bertambah karena arus balik di sektor laut akan terus berlangsung hingga 1 bulan ke depan.

"Sampai hari ini di Tanjung Emas untuk arus mudik dan balik sudah 59.500 orang. Tahun lalu jumlahnya 60.000 termasuk motor, ini 59.500 belum termasuk motor. Jadi ada kenaikan signifikan," kata Ardhy Wahyu Basuki, General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang, saat ditemui di dermaga keberangkatan, Senin (25/6/2018).

Ardhy mengatakan, terjadi lonjakan penumpang yang cukup besar untuk arus mudik dan balik via laut. Penumpang, kata dia, merasa perjalanan via laut lebih nyaman ketimbang jalur darat.

Baca juga: Heboh 180 Bus Mudik Jokowi, Ini Penjelasan Pemprov Jateng

Selain itu, penumpang diberi kepastian soal harga tiket yang dibeli secara online. Penumpang juga harus menunjukkan boarding pass ketika hendak berangkat.

"Mudik via laut sekarang makin diminati. Semua sudah online dan by sistem," ujarnya.

Puncak arus balik, sambung Ardhy telah terjadi pada Rabu lalu. Di waktu puncak, penumpang yang kembali ke Kalimantan mencapai 4.000 orang degan belasan kapal.

Meski puncak terlewati, tetap saja arus balik di pelabuhan masih terus berlangsung. Bahkan, arus balik berlangsung hingga H+30.

"Arus balik sampai H+30 dan akan mengalami peningkatan. Rute mayoritas ke Kalimantan, penumpang kebanyakan itu pekerja kebun sawit, jadi tidak ikut libur nasional, libur bisa santai 1 bulan," tambahnya.

Baca juga: Cara Unik Polisi Atur Arus Mudik, dari Joget Dangdut hingga Live Music

Pada Senin pagi, ada 1.612 penumpang kembali ke Sampit dengan kapal Leuser. Dari jumlah itu, 250 diantaranya adalah penumpang yang mendapat bantuan mudik gratis dari perusahaan BUMN PT Semen Gresik.

Para penumpang diberangkatkan oleh PT Pelni menuju Sampit, Kalimantan.

Kepala cabang PT Pelni Semarang Lamson Ompusunggu mengatakan, KM Leuser tujuan Sampit berangkat dengan total penumpang 1.612 orang.

"Kebetulan ada arus mudik gratis pagi ini agen agak 250 orang yang dibantu Semen Gresik. Ini tentu meringankan beban pada penumpang," tambahnya. 

Kompas TV Arus balik di Stasiun Purwosari Solo, Jawa Tengah terpantau padat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com