Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pelarian Sang Pemerkosa Wisatawan Perancis di Labuan Bajo

Kompas.com - 23/06/2018, 17:02 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Sektor Loura, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil meringkus pria berinisial KAP (35) yang diduga memerkosa seorang wisatawan Perancis berinisial MB (22) di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Pelaku yang diketahui berprofesi serabutan dan juga freelance guide, ditangkap di Pelabuhan Weekeloh, Kecamatan Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Darat, saat hendak melarikan diri.

KAP memerkosa MB di semak-semak, dekat lokasi air terjun yang berada di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, pada Selasa (12/6/2018) pukul 16.30 Wita.

Baca juga: Pemerkosa Wisatawan Perancis di Labuan Bajo Ditangkap Polisi

Karena tak terima diperlakukan tidak manusiawi, MB kemudian melaporkan kasus tersebut ke Kepolisian Manggarai Barat, Rabu (13/6/2018) pukul 15.00 Wita.

Usai menerima laporan dari MB, aparat kepolisian kemudian meminta keterangan dari sejumlah saksi, melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengejar pelaku yang melarikan diri.

"Kita sudah lakukan penangkapan, atas hasil pengembangan selama pengejaran terhadap pelaku. Kita juga berkoordinasi dengan jajaran Polres se-daratan Pulau Flores," ungkap Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono kepada Kompas.com, Sabtu (23/6/2018).

Baca juga: Kronologi Turis Perancis yang Diperkosa Seorang Pria di Labuan Bajo

Menurut Julisa, setelah kasus itu dilaporkan, pihaknya kemudian melakukan penjagaan di pelabuhan laut dan bandar udara.

Namun, pelaku ternyata keluar dari Manggarai Barat melalui jalur darat, melintasi Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur hingga Nagekeo dan menyeberang melalui Pelabuhan Laut Aimere.

Begitu terdeteksi, pelaku mengarah ke Sumba Barat. Tim penyidik Polres Manggarai Barat, kemudian berkoordinasi dengan Polres Sumba Barat untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku.

Baca juga: Wisatawan Perancis yang Diperkosa Pemandu Wisata Tengah Berlibur Sendirian di Labuan Bajo

"Pelaku ditangkap Jumat (22/6/2018) pagi, sekitar pukul 6.30 Wita. Saat ini pelaku ditahan sementara di Markas Polres Sumba Barat," ucap Julisa.

Diberitakan sebelumnya, MB diperkosa oleh seorang pria yang mengaku sebagai pemandu wisata di Labuan Bajo.

MB yang berliburan sendirian kemudian melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Kepolisian.

Baca juga: Polisi Diminta Segera Tangkap Pemerkosa Wisatawan Perancis di Labuan Bajo

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, mengatakan, kejadian itu bermula ketika pelaku yang diidentifikasi berinisial A, mengantar MB untuk melihat obyek wisata air terjun Cunca Wulang, Selasa (12/6/2018).

Keduanya berangkat menggunakan sepeda motor, ke lokasi air terjun yang berada di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat.

Sebelum tiba di air terjun itu, lanjut Julisa, mereka sempat bertemu dengan sejumlah pemuda yang sedang mabuk minuman keras.

Baca juga: Wisatawan Asal Perancis Diperkosa Pemandu Wisata di Labuan Bajo

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com