Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Korsleting Listrik, 50 Unit Toko di Pasar Besar Ludes Terbakar

Kompas.com - 19/06/2018, 21:11 WIB
Kurnia Tarigan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 50 unit toko di Pasar Besar di Jalan Jawa, Kota Palangkaraya, ludes terbakar, Selasa (19/6/2018). 

Petugas kebersihan Pasar Besar yang merupakan saksi kejadian tersebut, Muhammad Tanda (30), mengatakan, api diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik di salah satu kios penjual kelapa, yang ada dalam blok pasar tersebut.

Bangunan kios yang sebagian besar terbuat dari kayu tersebut membuat api dengan cepat membesar membakar seluruh unit toko.

"Awalnya ada percikan api, dari atas plafon kios tukang kelapa, saya beserta pedagang lain sempat berupaya memadamkan api, namun api sudah terlanjur membesar," kata Tanda, setelah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian, Selasa.

Baca juga: Kebakaran Landa 10 Hektar Padang Rumput di Pulau Komodo

Puluhan unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Palangka Raya, dibantu 3 unit water canon milik kepolisian, dikerahkan untuk memadamkan api. Sekitar satu jam Api berhasil dipadamkan oleh petugas.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Siregar mengatakan, belum diketahui pasti penyebab kebakaran.

Meskipun informasi sementara dari salah satu saksi, api berasal dari adanya hubungan arus pendek listrik dari kios pedagang kelapa.

Baca juga: Satu Orang Tewas Dalam Kebakaran di Bandung

"Untuk pastinya, terkait dengan penyebab kebakaran, kami akan menunggu dari hasil pemeriksaan uji laboratorium Puslabfor," kata Timbul, sesaat setelah melakukan pengamanan kebakaran Pasar Besar.

Petugas kepolisian juga mengamankan beberapa barang bukti, di antaranya tabung gas dan tabung oksigen.

Kompas TV Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat ledakan tabung gas di salah satu rumah warga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com