Arus Balik, Tol Bocimi Khusus untuk Kendaraan dari Sukabumi Menuju Jakarta

Kompas.com - 18/06/2018, 20:56 WIB
Lahan simpanan terakhir dari pengembangan Rancamaya 1 ini berlokasi dekat akses tol Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan akan terhubung langsung ke jalan tembus dalam kota Bogor atau Bogor Inner Ring Road (BIRR). Dok RancamayaLahan simpanan terakhir dari pengembangan Rancamaya 1 ini berlokasi dekat akses tol Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan akan terhubung langsung ke jalan tembus dalam kota Bogor atau Bogor Inner Ring Road (BIRR).


BOGOR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor tengah malam nanti akan menerapkan skema perubahan arus kendaraan di Tol Fungsional Bogor-Ciawi- Sukabumi (Bocimi).

Kepala Polres Bogor Ajun Komisaris Besar AM Dicky mengatakan, nantinya, kendaraan yang diperbolehkan melintas di Tol Bocimi saat arus balik Lebaran 2018 adalah kendaraan dari arah Sukabumi menuju Jakarta.

"Mulai pukul 00.00 WIB, kita akan rubah arahnya. Hanya kendaraan dari arah Sukabumi ke Jakarta saja," ucap Dicky, saat ditemui di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin (18/6/2018).

Dicky menambahkan, perubahan arus kendaraan di Tol Bocimi tersebut akan berlangsung sampai Minggu (24/6/2018).

Baca juga: Tol Bocimi Seksi I untuk Mudik Diprediksi Tekan Kemacetan hingga 60 Persen

Ia menjelaskan, sejak dibukanya Tol Bocimi sebagai tol fungsional pada Lebaran 2018 ini, memang hanya menggunakan satu jalur saja.

Sehingga, pihaknya melakukan perubahan arus kendaraan di Tol Bocimi secara bergiliran saat arus mudik dan arus balik.

"Memang jalurnya difungsikan hanya satu arah. Arus mudik khusus untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi. Sekarang, arus balik khusus dari arah sebaliknya," kata Dicky.

Baca juga: Seksi I Tol Bocimi Rampung 77,39 Persen

Dirinya menyebut, Tol Fungsional Bocimi hanya berlaku bagi kendaraan pribadi. Sedangkan untuk kendaraan umum seperti bus dan truk, masih diharuskan melewati jalan nasional atau non-tol.

"Untuk kondisi Tol Bocimi sejauh ini masih lancar. Pengendara dari arah Sukabumi dapat masuk melalui pintu masuk Cigombong, dan dapat keluar di Caringin, atau di Tol Jagorawi yang mengarah ke Bogor atau Jakarta," ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X