Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Sinar Bangun yang Bawa Puluhan Wisatawan Tenggelam di Danau Toba

Kompas.com - 18/06/2018, 20:44 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Dian Maharani

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Kapal Mesin Sinar Bangun yang mengangkut puluhan penumpang tenggelam di perairan Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) petang.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugrooho membenarkan hal ini. Menurutnya, kapal berisi sekitar 80 orang wisatawan bertolak dari Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir menuju Tigaras-Parapat di Kabupaten Simalungun.

Kapal tenggelam di tengah perjalanan diduga akibat cuaca buruk. Tiga penumpang berhasil menyelamatkan diri, sementara penumpang lain belum bisa dipastikan nasibnya.

"Korban lain belum ditemukan karena posisinya cukup jauh dari lintasan kapal ditambah cuaca yang tidak memungkinkan," kata Sutupo.

Baca juga: Ini Data Korban Kapal Tenggelam di Perairan Makassar

Saat ini, lanjut dia, para korban yang selamat dibawa ke Puskesmas Sipintuangin. Tim gabungan dibantu masyarakat juga sudah turun ke lokasi dan melakukan pencarian.

Kasubdit Humas Polda Sumut MP Nainggolan yang dikonfirmasi mengatakan, Kasat Pol Air Samosir sudah berkoordimasi dengan Basarnas.

"Ini informasi awal, tim Basarnas dan penyelam telah berangkat dari Pelabuhan Ajibata menuju Tigaras menggunakan kapal Basarnas," ucap Nainggolan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com