Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dentuman 296 Meriam Karbit Meriahkan Malam Takbiran di Pontianak

Kompas.com - 15/06/2018, 01:20 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Dentuman ratusan meriam karbit memeriahkan suasana malam takbiran di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (14/6/2018).

Meriam karbit merupakan tradisi turun temurun masyarakat Kota Pontianak, khususnya yang tinggal bermukim di tepian Sungai Kapuas.

Ribuan masyarakat pun memadati lokasi kegiatan yang dirangkai dalam Festival Meriam Karbit ini.

Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Dodi Riyadmadji, yang turut hadir dalam rangkaian pembukaan mengatakan, selain melestarikan permainan tradisional khas Kota Pontianak, Festival Meriam Karbit dengan sendirinya akan mengangkat khasanah budaya daerah.

Baca juga: Festival Meriam Karbit Siap Menggetarkan Malam Takbiran di Pontianak

"Kegiatan ini juga akan semakin mempererat silaturahim seluruh warga masyarakat dan dan akan mendukung upaya pemerintah daerah, di dalam pengembangan dan pemberdayaan sektor kepariwisataan ke depannya," kata Dodi, Kamis malam.

Suasana permainan meriam karbit di tepi Sungai Kapuas saat malam takbiran.KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Suasana permainan meriam karbit di tepi Sungai Kapuas saat malam takbiran.

Dentuman yang khas, hiasan, seni, dan kekompakannya, sebut Dodi, menjadikan meriam karbit sebagai simbol irama kehidupan bahwa warga Kota Pontianak yang berbhineka, senantiasa dapat bersatu di dalam mewujudkan tujuan pembangunan, khususnya pembangunan di Kota Pontianak.

Baca juga: Tabung Meriam Karbit Meledak Saat Kirab Budaya, Seorang Meninggal Dunia

Dentuman suara meriam karbit ini bisa terdengar hingga radius belasan kilometer. Setiap kelompok, rata-rata memiliki meriam karbit sebanyak lima hingga enam buah dengan diameter sekitar 40 sentimeter hingga 60 sentimeter dan panjang sekitar lima meter.

Tahun ini, meriam karbit yang memeriahkan takbiran berjumlah sekitar 296 meriam. Para kelompok ini tersebar di puluhan titik di sepanjang kiri dan kanan tepian Sungai Kapuas di Pontianak.

Kompas TV Rute pawai takbiran akan dimulai dari Jalan Pulau Penang, menyusuri Jalan Gatot Subroto hingga Stadion Teladan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com