Libur Lebaran, 11 Maskapai Ajukan Tambahan "Flight" di Bandara Juanda - Kompas.com

Libur Lebaran, 11 Maskapai Ajukan Tambahan "Flight" di Bandara Juanda

Kompas.com - 15/06/2018, 00:49 WIB
Penumpang pesawat antre chek in di terminal domestik Bandara Internasional Juanda SurabayaKOMPAS.com/Achmad Faizal Penumpang pesawat antre chek in di terminal domestik Bandara Internasional Juanda Surabaya


SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 11 maskapai mengajukan tambahan penerbangan atau flight sepanjang periode libur Lebaran, di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

Delapan di antaranya merupakan maskapai yang beroperasi di rute domestik yakni, Sriwijaya Air, Citilink, Nam Air, Garuda, Lion Air, Wings Air, Batik Air dan Air Asia.

Ke delapan maskapai itu mengajukan penambahan rute untuk enam daerah tujuan. 

"Tujuannya Balikpapan, Jakarta, Bali, Banjarmasin, Sentani dan Sampit," kata General Manajer PT Angkasapura I Bandara Internasional Juanda Surabaya, Heru Prasetyo, Kamis (14/6/2018).

Baca juga: H-3 Lebaran, 377.704 Penumpang Padati Bandara Juanda Surabaya

Tiga maskapai sisanya yakni Jetstar, Air Asia dan Malaysia Airline. Ketiganya mengajukan penambahan untuk penerbangan rute internasional dengan tujuan Singapura, Johor Baru, dan Kuala Lumpur. 

Dari 7 Juni hingga 24 Juni 2018 mendatang, Bandara Internasional Juanda beroperasi 24 jam. "Kita beroperasi penuh baik fasilitas maupun personel, karena ada tambahan 31 penerbangan dari hari biasa," ujar Heru.

Saat arus mudik, jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda Surabaya, paling banyak terjadi pada H-3 atau Selasa (12/6/2018). Pada H-3, jumlah total penumpang di bandara tersebut baik di terminal 1 maupun terminal 2 mencapai 377.704 penumpang.

Baca juga: Antisipasi Pemudik, Bandara Semarang dan Yogyakarta Buka 24 Jam 

Jumlah penumpang itu terhitung meningkat 4,9 persen dari H-3 Lebaran pada tahun lalu, yang hanya 359.996 penumpang. Sementara jumlah pesawat yang beroperasi di hari tersebut mencapai 2.813 pesawat, naik 8,5 persen dari tahun lalu yang mencapai 2.592 pesawat.

Puncak arus balik di Bandara Internasional Juanda Surabaya diperkirakan terjadi pada H+3 dan H+4, yaitu pada 19 Juni dan 20 Juni 2018. 

Kompas TV Sejumlah kota seperti Jakarta, Makassar, dan Balikpapan menjadi tujuan favorit domestik.


Komentar
Close Ads X