Warga Desa Gede Pangrango Alami Gatal Bernanah, Tim Medis Diturunkan - Kompas.com

Warga Desa Gede Pangrango Alami Gatal Bernanah, Tim Medis Diturunkan

Kompas.com - 14/06/2018, 22:59 WIB
Dua warga mencuci di atas kolam yang airnya bersumber dari selokan di Kampung Pasir Tengah, Desa Gede Pangrango, kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/6/2018). KOMPAS.com/BUDIYANTO Dua warga mencuci di atas kolam yang airnya bersumber dari selokan di Kampung Pasir Tengah, Desa Gede Pangrango, kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/6/2018).

SUKABUMI, KOMPAS.com - Camat Kadudampit Jenal Abidin mengatakan sudah menugaskan tim medis dari Puskesmas untuk memeriksa warganya di Kampung Pasir Tengah, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, yang terserang penyakit kulit.

"Kami sudah tugaskan Kepala Puskesmas untuk secepatnya memonitor ke lokasi." jawab Jenal kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (14/6/2018) malam.

Seorang ibu memperlihatkan kaki bayinya yang terjangkit penyakit gatal-gatal di Kampung Pasir Tengah, Desa Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/6/2018). KOMPAS.com/BUDIYANTO Seorang ibu memperlihatkan kaki bayinya yang terjangkit penyakit gatal-gatal di Kampung Pasir Tengah, Desa Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/6/2018).
Dia mengatakan, tim medis dari Puskesmas Kadudampit akan memeriksa kesehatan warga yang terserang penyakit gatal-gatal tersebut dan lingkungan permukimannya.

"Secepatnya akan diperiksa dulu oleh tim medis Puskesmas Kadudampit," ujarnya singkat.


Baca juga: Bayi hingga Dewasa Alami Gatal Bernanah, Cerita Warga Desa yang Pakai Air Selokan untuk Minum

Sebelumnya diberitakan, sejumlah warga di Kampung Pasir Tengah, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, terjangkit penyakit kulit berupa gatal-gatal.

Penyakit gatal-gatal mirip kutu air dan bernanah ini diderita warga, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Bahkan, bayi usia di bawah lima tahun (balita) juga mengalaminya.

Baca juga: Kisah Warga Pinggiran Situgunung Manfaatkan Air Selokan untuk Minum

Warga yang mengalami gatal-gatal itu adalah warga pengguna air dari selokan yang berasal dari Sungai Cigunung Hutan Gunung Gede Pangrango di Situgunung sejak delapan bulan lalu. Gatal-gatal masih terus dialami beberapa warga hingga kini.

Selain warga Kampung Pasir Tengah yang jaraknya hanya sekitar 2 kilometer dari Kantor Kecamatan Kadudampit di Jalan Raya Cisaat-Situgunung, gatal-gatal juga dialami warga Kampung Kembar, Desa Sukamanis.



Close Ads X