Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 WNA China yang Diamankan di Perairan Kupang Barat Hendak ke Australia

Kompas.com - 14/06/2018, 19:24 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


KUPANG, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Perairan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) mengamankan tujuh warga negara asing (WNA) asal China, yang terdampar di bagian Selatan perairan Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Kamis (14/6/2018).

Kepala Satuan Ronda Patroli Armada Polisi Perairan NTT AKBP Satrya Perdana Tarung Binti mengatakan, tujuh warga China itu berencana hendak ke Australia.

Menurut Satrya, saat diamankan oleh pihak kepolisian setempat, tiga Anak Buah Kapal (ABK) yang berasal dari Indonesia berhasil melarikan diri dengan menceburkan diri ke laut.

Sementara sejumlah WNA itu dibiarkan di atas kapal, dengan posisi jangkar kapal dilepaskan ke laut.

Baca juga: Dokumen Lengkap, 38 WNA China yang Diamankan di Bogor Dibebaskan

“Berdasarkan pengakuan mereka ada tiga ABK dari Indonesia yang membawa mereka. Namun, saat kami tiba di lokasi, tiga ABK itu sudah tidak berada di atas kapal,” ungkap Satrya, kepada sejumlah wartawan, Kamis siang.

Tujuh warga China itu, lanjut Satrya, berangkat dari negaranya sekitar 10 atau 20 hari yang lalu dan sempat transit di Jakarta.

Saat tiba di Jakarta, ketujuh warga China itu terbang ke Makassar dengan salah satu maskapai penerbangan nasional. Di Makassar, ketujuh warga China itu kembali menyewa sebuah kapal dengan dipandu oleh tiga orang ABK.

“Tujuan mereka adalah ke Australia. Namun, saat memasuki perairan Australia, mereka langsung di tangkap oleh polisi Perairan Australia,” ucap dia.

Baca juga: Jadi Tenaga Kerja Ilegal, Dua WNA China Diamankan Imigrasi Wonosobo

Setelah ditangkap, kapal yang digunakan dari Makassar itu ditahan dan diganti dengan sebuah kapal yang diberikan oleh polisi perairan Australia.

“Menurut pengakuan dari salah seorang WNA China, kapal dari Australia itu sudah diberikan BBM secukupnya. Di samping itu juga diberikan bahan makanan secukupnya,” tambah dia.

Tujuh orang warga China tersebut yakni Wu zheng Yin, Fang Min, Chen Chunlin, Fu Zedong, Liangyi Hu, Yin Guoguang dan Zheng Min.

Hingga saat ini, ketujuh warga China itu masih ditahan di Polisi Perairan Polda NTT untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com