Tarif Naik, Pemilik Rental Mobil Tetap Kebanjiran Order - Kompas.com

Tarif Naik, Pemilik Rental Mobil Tetap Kebanjiran Order

Kompas.com - 14/06/2018, 18:43 WIB
Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para PemudikKompas.com/Markus Yuwono Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para Pemudik


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Jasa rental kendaraan kebanjiran order di momentum hari raya Lebaran. Meski tarif sewa kendaraan sedang naik, namun permintaan sewa kendaraan tetap tinggi.

Seperti yang dialami sejumlah pengusaha rental mobil di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Banyak masyarakat disebut memilih menyewa kendaraan untuk digunakan dalam bersilaturahim dengan keluarga. 

Pemilik Rental Mobil Metro 38, Anjar Ardityo, misalnya, mengaku sejak H-7 sudah banyak pesanan yang masuk. Untuk tarif dari harga biasa Rp 250.000 sampai Rp300.000 menjadi Rp 400.000 perhari.

Kenaikan berlaku dari H-4 sampai H +4. Pihaknya menyediakan 6 unit mobil keluarga, dan 3 unit elf yang bisa dipakai untuk rombongan. "Sudah habis dipesan sampai H+4," kata Anjar, saat dihubungi, Kamis (14/6/2018).

Baca juga: Jelang Lebaran, Pemilik Rental Mobil Mulai Terima Banyak Pesanan

Untuk antisipasi lonjakan pengguna, pihaknya bekerja sama dengan pemilik mobil pribadi yang mau menyewakan mobil atau rental lainnya.

Sebagai persyaratan, konsumen yang menyewa mobil diminta meninggalkan KTP asli, kartu identitas dari kantor, kartu NPWP, juga menunjukkan SIM baik SIM A maupun C. Untuk penyewa yang sudah dikenal, biasanya meninggalkan kendaraan dan identitas sebagai jaminan. 

Anjar mengaku, selain menyewakan mobil, pada H-4 sejumlah perantau banyak menyewa mobil keluarga dan sopir untuk menjemput di kawasan Jabodetabek. Tarifnya Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta.

"Mungkin mereka lebih nyaman dengan menyewa, meski ada mudik gratis dari pemerintah tidak mempengaruhi konsumen. Sama saja setiap tahunnya," ujar dia.

Pemilik rental mobil 'Lintang Raya' yang berada di Playen, Gunungkidul Suharjono, mengatakan hal sama.

Baca juga: Rental Mobil untuk Lebaran, Kenapa Tidak?

 

Ia mengaku, sudah mempersiapkan mobil untuk disewakan di antaranya expander, grand livina, dan avansa, sejak beberapa waktu lalu. "Sebelum lebaran dicek semua, sehingga tidak mengalami masalah saat disewa," kata dia.

Dia mengatakan, rata-rata penyewa merupakan para pemudik yang tidak membawa kendaraan sendiri. "Mereka menggunakan paling hanya seputaran Yogyakarta, jarang yang dibawa sampai keluar kota," ucap dia.

Salah seorang penyewa, Dedi, mengaku sengaja menyewa mobil untuk bersilaturahmi dengan keluarga. "Mumpung pas mudik, mobil saya kebetulan kecil, nyewa satu lagi untuk keluarga lain saat bersilaturahim," kata dia.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X