Soal Kemiringan Jembatan Kali Kenteng, Menteri Basuki Sebut Sepeda Korlantas Saja Bisa Lewat - Kompas.com

Soal Kemiringan Jembatan Kali Kenteng, Menteri Basuki Sebut Sepeda Korlantas Saja Bisa Lewat

Kompas.com - 13/06/2018, 23:26 WIB
petugas kepolisian bersiaga di titik jembatan Kalikenteng di ruas Salatiga-Kartasura, Rabu (13/6/2018)KOMPAS.com/NAZAR NURDIN petugas kepolisian bersiaga di titik jembatan Kalikenteng di ruas Salatiga-Kartasura, Rabu (13/6/2018)

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono memastikan, Jembatan Kali Kenteng di ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura aman dilalui pemudik.

Kemiringan di titik tersebut hanya 7 derajat, bukan 57 derajat.

"Korlantas pakai sepeda saja bisa lewat, mobil harusnya bisa lewat. Kalau tidak, itu mobilnya bermasalah atau pengemudinya," kata Basuki di sela meninjau titik tersebut, Rabu (13/6/2018) siang.

Ia mengatakan, kemiringan di titik Kali Kenteng adalah 7 derajat. Dengan kemiringan itu, kendaraan jenis apapun semestinya bisa lewat di ruas itu.

"Jadi aman sekali," kata dia.

Jembatan Kali Kenteng sendiri diproyeksikan selesai pekerjaannya dalam waktu dua bulan. Jembatan tersebut memiliki 600 meter.

Baca juga: Ini Cara agar Mobil Sukses Melintasi Tanjakan Jembatan Kenteng

Pemudik yang melewati jalur itu dibuatkan jalur khusus di bawah jembatan.

"Panjangnya 600 meter, kemiringannya variasi," kata dia.

Pada H-2 Lebaran, ruas Salatiga-Kartasura dilalui sekitar 3.000 sampai 4.000 kendaraan. Sebelumnya kendaraan yang lewat di jalur itu mencapai 6.000 unit.

"Jalur ini juga nanti akan disiapkan arus balik. Nanti dibuka untuk arah sebaliknya," tambahnya.

Baca juga: Dirut JSN: Tanjakan Tol Salatiga-Kartasura Hanya 7,2 Derajat

Turut hadir dalam tinjauan itu Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi, Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, Sekda Sri Puryono, dan Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X