Ada Toilet Standar Presiden untuk Pemudik di "Rest Area" Darurat Koripan - Kompas.com

Ada Toilet Standar Presiden untuk Pemudik di "Rest Area" Darurat Koripan

Kompas.com - 13/06/2018, 20:27 WIB
Toilet VVIP milik Kementerian PUPR di rest area darurat KM 467 di desa Koripan, Kecamatan   Susukan, Kabupaten Semarang memanjakan pemudik pada arus mudik 2018.KOMPAS.com/ SYAHRUL MUNIR Toilet VVIP milik Kementerian PUPR di rest area darurat KM 467 di desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang memanjakan pemudik pada arus mudik 2018.

SALATIGA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR menyediakan toilet mewah bagi pemudik arah ke Solo Raya.

Toilet khusus wanita itu ditempatkan di Rest Area darurat Km 467 di Desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Satgas Tanggap Darurat Kementerian PUPR, Eddy Gunawan mengatakan, fasilitas toilet VVIP ini sudah ada sejak fungsionalisasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) lalu.

Rencananya, toilet ini bertahan hingga H+8 Lebaran, Minggu (24/6/2018) mendatang.

Toilet ini disebut VVIP karena fasilitasnya setara dengan standar yang dipakai Presiden jika ada kegiatan di lapangan.

"Pengelolaannya di bawah Satker Tanggap Darurat dan Pemukiman Cipta Karya. Toilet ini standar dipakai presiden yang dibawa dari Jakarta," kata Eddy saat ditemui di Rest Area Kilometer 467 Koripan, Rabu (13/6/2018) siang.

Toilet VVIP ini terdiri dari dua bilik. Fasilitas yang ada di dalamnya adalah ruangan yang ber-AC, wastafel, hand dryer, sabun cair dan parfum ruangan.

Baca juga: Jika Rest Area Tutup Sementara, Pemudik Diminta Isi BBM di Luar Tol

Untuk menjaga agar lantai toilet VVIP ini tetap bersih, para pemakainya diwajibkan melepas alas kaki saat memasukinya.

"Yang VVIP ini dikhususkan untuk pemudik wanita," ujarnya.

Sedangkan bagi pemudik laki-laki, disediakan toilet mobile yang kondisinya cukup nyaman. Toilet mobile ini terdiri dari empat bilik yang juga dilengkapi dengan AC.

Salah seorang pemudik tujuan Klaten, Nova Murdiastuti (41) mengaku senang dengan adanya toilet VVIP dari Kementerian PUPR ini. Meski toilet ini sejatinya adalah sebuah bus, namun ia merasa semuanya normal. Toilet VVIP ini baginya cukup bersih dan nyaman.

"Toilet yang sangat mengerti kebutuhan perempuan. Sangat bersih dan nyaman," kata Nova.

Selain toilet VVIP dan toilet mobile dari Kementerian PUPR, PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) selaku pengelola jalan tol Salatiga-Kartasura juga menyediakan fasiltas toilet permanen, masjid, warung makan, pos kesehatan dan KiosK Pertamax yang menjual BBM bagi pemudik.

"Kami ada empat toilet yang dibangun di rest area Koripan ini, ditambah toilet dari Kementerian PUPR," kata Dirut PT JSN, David Wijayatno.

Baca juga: Arus Mudik, Ini 5 Rest Area yang Didirikan di Solo

Pemerintah tak main-main dalam penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran 2018 ini. Dari tahun ke tahun, kualitas penyelenggaraan arus semakin baik.

Salah satunya bisa dilihat dari penyediaan toilet VVIP yang ada rest area darurat di desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, ini.

Kompas TV Laju kendaraan tersendat hanya mampu bergerak 10 kilometer per jam, bahkan sesekali tidak bergerak.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X