Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Gresik Siagakan 10 Pos Pengamanan Lebaran, Termasuk di Perempatan Duduksampeyan

Kompas.com - 12/06/2018, 10:45 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Meski arus mudik maupun balik Lebaran pada tahun ini diprediksi bakal lancar, namun jajaran Polres Gresik tetap menyiagakan beberapa pos keamanan maupun pelayanan di wilayahnya.

Ada sebanyak sepuluh pos pengamanan dan satu pos pelayanan, yang bakal disiagakan selama masa mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Dengan satu pos pengamanan unggulan, di tempatkan tidak jauh dari perempatan Duduksampeyan, yang pada tahun-tahun sebelumnya kerap kali menjadi langganan kemacetan.

Pos pengamanan di perempatan Duduksampeyan, merupakan pos pengamanan unggulan Polres Gresik, yang didesain menyerupai Masjid Arif Nurul Huda Polda Jatim,” ujar Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Senin (11/6/2018).

Baca juga: Arus Mudik, Perempatan Duduksampeyan Gresik Diprediksi Tak Macet

Masjid Arif Nurul Huda yang berada di lingkungan Polda Jawa Timur memang menjadi inspirasi jajaran Polres Gresik, dalam mendirikan bangunan pos pengamanan yang terletak di samping jalan raya Duduksampeyan yang merupakan jalur nasional.

Tepatnya di sisi utara jalan raya, atau berada di samping kiri jalur dari Lamongan menuju Surabaya.

Ruang meeting yang ada di pos pengamanan Lebaran Polres Gresik di perempatan Duduksampeyan.KOMPAS.com / Hamzah Ruang meeting yang ada di pos pengamanan Lebaran Polres Gresik di perempatan Duduksampeyan.

Pos pengamanan tersebut dibuat dua lantai, dan memiliki berbagai fasilitas. Di antaranya, front office, penjagaan, ruang tamu, ruang kesehatan, meeting room, IT Center, serta dilengkapi dengan menara pantau.

“Jadi aktivitas di perempatan Duduksampeyan bisa langsung dipantau dari pos pengamanan. Selain itu, ada juga monitor pantau dari kamera CCTV yang kami tempatkan di perempatan Duduksampeyan, sehingga membuat kerja kami cukup terbantu,” sahut Kasatlantas Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestanto.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Gresik, Pengendara Honda Beat Meninggal

Meski diprediksi tidak akan macet seperti sebelumnya, Wikha tetap menghimbau kepada para pemudik supaya tetap berhati-hati dan waspada saat melintas di perempatan Duduksampeyan.

Karena pada saat kereta api melintas, bakal tetap membuat arus lalu lintas yang ada di area tersebut menjadi tersendat.

Ruang kesehatan yang ada di pos pengamanan Lebaran Polres Gresik di perempatan Duduksampeyan.KOMPAS.com / Hamzah Ruang kesehatan yang ada di pos pengamanan Lebaran Polres Gresik di perempatan Duduksampeyan.

“Kami juga menghimbau kepada para pemudik dan pengguna jalan, agar selalu konsentrasi dan sabar dalam berkendara, serta selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada supaya bisa selamat sampai tempat tujuan,” kata Wikha.

Dalam agenda Operasi Ketupat Semeru 2018 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 24 Juni 2018, bakal ada 300 personel gabungan dari anggota TNI-Polri bersama jajaran Pemkab Gresik dari dinas terkait, yang bakal disiagakan di sepuluh pos pengamanan dan satu pos pelayanan tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com