Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Deddy-Dedi Laporkan Video Dugaan Kampanye Hitam ke Bawaslu Jabar

Kompas.com - 11/06/2018, 22:33 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Tim sukses pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi melaporkan dugaan kampanye hitam kepada Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat di Jalan Turangga, Kota Bandung, Senin (11/6/2018).

Dugaan kampanye hitam itu berupa video seorang kakek beriket hitam memohon kepada sosok gaib untuk kemenangan pasangan Deddy-Dedi. Video tersebut terebar melalui pesan instan WhatsApp.

Tim kuasa hukum pasangan Deddy-Dedi, Hotma Agus Sihombing menilai, dukungan yang tergambar dalam video tersebut merupakan bentuk kampanye hitam.

Video itu dinilai berdampak negatif di masyarakat dan akan menurunkan elektabilitas pasangan Deddy-Dedi.

“Itu terlihat seperti dukungan. Tetapi, kami memiliki analisa bahwa video itu sebenarnya bentuk kampanye hitam yang nyata. Apalagi sengaja disebarkan begitu. Segala bentuk penyebaran itu harus melalui tim, ini tidak,” kata Hotma melalui pres rilis yang diterima Kompas.com, Senin malam.

Baca juga: Dedi Mulyadi Resmikan Rumah Bebas dari Banjir di Dayeuh Kolot Bandung

Agus menegaskan, pasangan Deddy-Dedi tidak pernah melibatkan hal metafisika maupun supranatural dalam proses pemenangan. Kandidat dan tim fokus pada konsolidasi bersama masyarakat.

“Setiap hari sebelum bergerak menyapa masyarakat Jawa Barat, semua berdoa. Kang Deddy Mizwar dan Kang Dedi Mulyadi mengawali aktivitas dengan shalat dhuha. Saya kira itu spirit bagi kami selaku tim untuk melakukan hal yang sama. Kita berharap niat dan gerakan kita penuh keberkahan,” katanya.

Agus mengimbau kepada seluruh jajaran tim agar fokus pada sosialisasi program kerja. Dia mengingatkan tidak perlu dilakukan aksi balas dendam kepada pihak yang membuat video tersebut.

“Fokus kita tidak boleh terganggu. Kita terus sosialisasi program kerja Deddy-Dedi di Jawa Barat. Kalau ada kawan kita yang mendapati siapa pembuatnya, silakan laporkan ke Bawaslu. Kita jangan membalasnya, biarkan proses hukum berjalan,” ungkapnya.

Baca juga: Pasangan Deddy-Dedi Laporkan Paguyuban Paranormal Sunda ke Bawaslu

Laporan yang disampaikan tim sukses Deddy-Dedi sudah teregister di Bawaslu Jabar dengan nomor 08/LP/PG/Prov/13.00/VI/2018.

Pihak Bawaslu Jabar disebutkan Agus akan memproses laporan tersebut sesegera mungkin.

Kompas TV Bagaimana hasil survei Litbang Kompas tentang elektabilitas pasangan calon di Pilgub Jawa Barat?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com