Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut JSN: Tanjakan Tol Salatiga-Kartasura Hanya 7,2 Derajat

Kompas.com - 11/06/2018, 20:58 WIB
Muhlis Al Alawi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Direktur PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno membantah informasi kemiringan titik ruas jalan tol Salatiga-Kartasura Km 468 yang viral di media sosial mencapai 50 derajat.

David meluruskan, kemiringan tertinggi di titik ruas itu mencapai 7,2 derajat saja.

"Nggak benar itu. Itu kemiringan tertinggi hanya 7,2 derajat. Selain itu ada yang lima derajat dan tertinggi tujuh derajatan saja," ujar David kepada Kompas.com, Senin ( 11/6/2018) sore.

David juga meluruskan informasi tidak kuatnya mobil melewati tanjakan bukan persoalan curamnya kemiringan jalan. Kondisi itu terjadi lantaran saat menanjak, gigi persneling mobil tidak dalam posisi masuk satu.

Baca juga: [HOAKS] Informasi Tanjakan di Tol Salatiga-Kartasura 50 Derajat

Padahal saat hendak menanjak beberapa petugas sudah mengingatkan agar sopir mengoper gigi persneling ke posisi satu.

"Dari 5.500 kendaraan yang lewat kemarin hanya lima yang tidak kuat nanjak. Kondisi itu terjadi bukan karena kendaraan tapi kesalahan pengemudi yang salah memasukkan gigi. Padahal sebelum memasuki posisi jalan menanjak, petugas sudah mengingatkan untuk mengalihkan posisi gigi ke gigi satu. Kalau pakai gigi satu tidak masalah," kata David.

Sebelumnya diberitakan, beredar melalui pesan berantai di grup-grup percakapan WhatsApp dan media sosial mengenai video tanjakan dengan kemiringan 50 derajat di Tol Salatiga arah Kartasura. Informasi tersebut menyebar pada Minggu (10/6/2018) kemarin.

Baca juga: Hashim: Banyak Jalan Tol yang Diresmikan Presiden Malah Kosong

Kompas TV Di jalur tol Salatiga-Kartasura, Tanjakan Kenteng yang curam menghambat perjalanan pemudik yang melalui tol fungsional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com