Pakai Pesawat TransNusa untuk Mudik, Cilacap-Semarang hanya 45 Menit

Kompas.com - 11/06/2018, 17:05 WIB
Maskapai TransNusa membuka rute dari Cilacap-Semarang 3 kali dalam sepekan, Senin (11/6/2018) KOMPAS.com/NAZAR NURDINMaskapai TransNusa membuka rute dari Cilacap-Semarang 3 kali dalam sepekan, Senin (11/6/2018)

SEMARANG, KOMPAS.com - Maskapai Penerbangan TransNusa membuka rute penerbangan di dalam provinsi Jawa Tengah. Maskapai itu membuka rute pulang pergi dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang menuju Bandara Tunggul Wulung, Cilacap.

Seremoni pembukaan rute itu dilakukan pada Senin (11/6/2018) di Apron Bandara Ahmad Yani Semarang. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji ikut dalam penerbangan perdana itu.

Trans Nusa melayani penerbangan ke Cilacap dan sebaliknya dalam 3 kali dalam sepekan. Penerbangan dijadwalkan pada Senin, Sabtu dan Minggu. Jadwal penerbangan dari Cilacap-Semarang pada pukul 08.55-09.50, dan sebaliknya Semarang-Cilacap 10.20-11.15.

Managing Director PT TransNusa Aviation Mandiri Bayu Sutanto menjelaskan, penerbangan Cilacap-Semarang-Cilacap efektif mulai Senin hari ini.


Baca juga: Hingga H-5, 64.000 Pemudik Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang

Maskapai itu mampu menampung hingga 50 kursi.

"Kami harap dengan rute baru ini dapat memobilisasi masyarakat Jawa Tengah agar terlayani dengan baik," kata Bayu.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, waktu tempuh melalui pesawat ini jauh lebih cepat ketimbang menggunakan jalur darat.

Jika menggunakan jalur darat jarak Semarang-Cilacap membutuhkan waktu 8 jam, maka via penerbangan itu hanya membutuhkan 45 menit.

"Penerbangan ini akan menambah daya ungkit ekonomi, karena Cilacap-Semarang kalau ditempuh dengan jalan darat kurang lebih delapan jam. Kalau dengan ini cukup ditempuh kurang lebih 45 menit. Jadi, kita sangat terbantu, terutama untuk dunia usaha," kata dia.

Baca juga: Per Juni, Trans Nusa Layani Penerbangan Jakarta-Cilacap-Semarang

Cilacap, kata dia, terima berkembang menjadi salah satu daerah industri, sehingga membutuhkan mobilitas kecepatan di sektor transportasi. Dunia usaha, kata dia, akan diuntungkan via penerbangan ini. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X