Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak H-7, Ribuan Pemudik dari Bali Terpantau Menyeberang ke Banyuwangi

Kompas.com - 11/06/2018, 13:39 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - sejak H-7 hingga H-5 Lebaran terpantau sebanyak 174.898 orang mudik dari Bali menyeberang ke Banyuwangi melalui Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Para pemudik tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua. Dari data penumpang di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, hingga H-5 total ada 33.387 kendaraan roda dua yang menyeberang sementara untuk roda empat sebanyak 21.363 kendaraan.

"Dari data, pemudik terbanyak pada Sabtu (9/6/2018) lalu tapi masih belum puncaknya. Tapi lonjakan jumlah penumpang sudah terlihat sejak H-7. Diprediksi puncaknya (arus mudik) H-3 atau H-2," jelas Elvi Yoza, GM ASDP Ketapang, kepada Kompas.com, Senin (11/6/2018).

Untuk menghindari penumpukan penumpang, pihak ASDP Ketapang menambah trip dari 32 kapal yang dioperasikan selama musim mudik Lebaran. Sementara 24 kapal lainnya standby di pelabuhan Ketapang.

Baca juga: Angkutan Barang di Pelabuhan Ketapang Overload

 

Dalam keadaan normal trip yang akan dilakukan sebanyak 288 trip , namun jika padat akan ditingkatkan menjadi 320 trip.

"Total ada 56 kapal tapi yang beroperasi hanya 32 kapal dengan 288 trip sehari. Ini bisa mengangkut 75.000 penumpang, 21.000 roda dua dan 8.000 lebih kendaraan roda empat. Jadi bisa diantisipasi jika ada lonjakan pemudik dari Bali menuju Banyuwangi," jelas Elvi.

Elvi menjelaskan ada penambahan empat tenda di Pelabuhan Ketapang untuk antrian roda dua yang masing-masing tenda berkapasitas antara 120 sampai 500 unit.

"Kami juga antisipasi arus balik sehingga tenda tenda untuk antrian roda dua sudah disiapkan untuk masyarakat yang akan kembali ke Bali," jelasnya.

Sementara itu jumlah penumpang yang menuju Bali dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi sejak H-7 hingga H-5 sebanyak 79,871 penumpang, sedangkan roda dua hanya 3.525 unit sementara kendaraan roda empat hanya 15.443 unit.

Baca juga: Hari Raya Nyepi, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Ditutup Sehari

"Rata-rata mereka yang Bali adalah wisatawan. Kalaupun ada pemudik jumlahnya sangat kecil," jelas Elvi. 

Kompas TV Arus mudik di pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/6) pagi sudah mulai nampak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com