Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Rest Area Tutup Sementara, Pemudik Diminta Isi BBM di Luar Tol

Kompas.com - 11/06/2018, 07:28 WIB
Reni Susanti

Editor

CIREBON, KOMPAS.com - Kasatlantas Polresta Cirebon, Jawa Barat, AKP Rezkhy Satya mengimbau pemudik terutama yang menggunakan jalan tol Palimanan-Kanci (Palikanci) mengisi bahan bakar minyak (BBM) di luar tol.

Itu dilakukan jika tempat istirahat (rest area) sudah ditutup. Sebab, jika kendaraan penuh, maka petugas akan menutup sementara rest area.

"Sementara kami mengimbau kepada para pemudik untuk bisa melanjutkan perjalanannya dan bisa mengisi BBM melalui keluar Tol Kanci," kata Rezkhy di Cirebon, Minggu (10/6/2018).

Menurutnya, ketika tempat istirahat ditutup sementara, para pengguna jalan tol diminta terus melanjutkan perjalanan dan tidak berhenti.

Baca juga: Kepadatan Arus Mudik di Karawang Diprediksi Terjadi pada H-3 Lebaran

Karena ketika kendaraan berhenti, malah akan membuat kemacetan. Untuk itu ketika memang sudah ditutup, pengendara harus lanjut.

"Tidak jauh dari pintu keluar Tol Kanci ada SPBU cukup besar kemudian bisa masuk kembali ke Tol Palikanci," tuturnya.

Rezkhy mengatakan, guna memperlancar arus, pihaknya juga merekayasa lalu lintas dengan melakukan buka tutup di Tol Palikanci, karena adanya penumpukan kendaraan di dalam.

"Kita melakukan buka tutup, karena parkiran kendaraan yang ada di dalam memang sudah penuh," ujarnya.

Baca juga: Mudik Dengan Kendaraan Pribadi? Perhatikan Hal Ini

Sementara itu untuk pembatasan waktu beristirahat bagi para pemudik yaitu satu jam, hal ini agar kendaraan tidak terlalu menumpuk di reat area.

"Dari pagi hari sampai dengan pukul 15.00 WIB kita sudah melakukan dua kali penutupan rest area dan juga kami menyarankan bagi pemudik bisa mengisi di BBM keluar tol," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com