Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik di Bandara Adi Soemarmo Diprediksi pada H-1

Kompas.com - 08/06/2018, 11:39 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Adi Soemarmo di Boyolali, Jawa Tengah memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-1 Lebaran (14 Juni 2018).

Pada H-1 Lebaran jumlah penumpang yang masuk bandara akan mencapai 8.000 orang.

"Melihat perkembangan bandara sekarang ini perkiraan saya penumpang arus mudik tahun ini mencapai 8.000 orang H-1 Lebaran," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (8/6/2018).

Dia menyebutkan, pada arus mudik Lebaran tahun lalu jumlah penumpang yang masuk Bandara Adi Soemarmo hanya 6.700 orang.

Sementara persiapan menyambut arus mudik dan balik Lebaran, pihaknya mendirikan posko terpadu. Posko terpadu beroperasi mulai hari ini, 8 Juni 2018 hingga 24 Juni 2018.

Baca juga: KAI Daop 4 Semarang Prediksi Puncak Mudik H-2, Puncak Arus Balik H+5

Pendirian posko terpadu melibatkan dari berbagai pihak, baik dari internal PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo maupun pihak eksternal seperti Otoritas Bandar Udara, TNI AU, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang, Puskesmas, Ground handling serta Airlines.

"Pendukung posko terpadu ini komposisinya dari pihak bandara sebagau pelayanan, kemananan dari pihak TNI AU, kesehatan dari KKP, dan petugas bandara lainnya membantu penumpang apabila mengalami kesulitan," tuturnya.

Penambahan penerbangan

Selama angkutan Lebaran, Bandara Adi Soemarmo menambah ekstra penerbangan untuk pesawat Citilink empat kali, Lion Air sekali dan Garuda Indonesia tidak menambah penerbangan, tetapi mengganti pesawat dengan berbadan besar.

"Penambahan penerbangan sudah berlangsung beberapa hari kemarin. Citilink biasanya empat kali penerbangan sekarang sudah 10 kali penerbangan ke Jakarta," ungkap Usman.

Baca juga: Puncak Mudik Lebaran H-5, Penumpang Kereta Api di Madiun Diperkirakan 30.466 Orang

Kompas TV Call Center Angkasa Pura beroperasi selama 24 jam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com