BI, BRI dan BPD Yogyakarta Turunkan Mobil Kas Keliling untuk Layani Penukaran Uang

Kompas.com - 07/06/2018, 15:23 WIB
Ratusan orang antre di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, untuk menukarkan uang di mobil layanan kas keliling Bank Indonesia, BRI, dan BPD Yogyakarta, Rabu (6/6/2018) KOMPAS.com/Dani J Ratusan orang antre di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, untuk menukarkan uang di mobil layanan kas keliling Bank Indonesia, BRI, dan BPD Yogyakarta, Rabu (6/6/2018)

KULON PROGO, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri kurang dari dua pekan. Masyarakat mulai menyerbu tempat-tempat penukaran uang, utamanya kantor-kantor bank.

Seperti yang berlangsung di halaman depan Kantor Pemerintah Kulon Progo di Yogyakarta, ratusan orang memadati tiga mobil kas keliling dari bank sepanjang Rabu (6/6/1018) pagi hingga siang.

Rata-rata mereka antre untuk menukar uang Rp 100.000 dan Rp 50.000 menjadi pecahan lebih kecil.

Seorang karyawan Puskesmas Sentolo 1 Budi Prasetyo mengungkapkan, dirinya sudah lebih dari satu jam antre di depan mobil kas keliling Bank Indonesia ( BI) Yogyakarta. Budi hendak menukarkan uang Rp 3,7 juta dalam pecahan Rp 2.000-Rp 20.000. 


Baca juga: THR Cair, Bank BUMN Layani Penukaran Uang Baru Secara Gratis

Budi berniat uang itu akan dimanfaatkan di hari raya Idul Fitri nanti, baik di tempat tinggalnya di Nanggulan maupuan maupun di tempat asalnya di Kediri.

"Tradisi Lebaran (uang angpao) seperti ini. Mau di rumah sendiri maupun nanti ketika pulang ke Kediri," kata Budi.

Budi sebelumnya tidak punya rencana untuk menukar uang. Rabu pagi itu, ia berniat mencairkan THR atau gaji ke-13 di Bank BPD Wates. Ia menyempatkan bertanya tentang penukaran uang di BPD.

"Tapi kata mereka tidak melayani penukaran uang. Mereka menyarankan untuk ke halaman Pemkab saja. Penukaran hanya berlaku hari ini dan saya ke sini ikut antre seperti ini," kata Budi.

Kesempatan itu dimanfaatkan untuk menukarkan uang dalam jumlah yang lebih banyak lagi. "Karena banyak yang titip," katanya.

Baca juga: BI Buka Layanan Penukaran Uang Baru di Solo Raya, Ini Jadwalnya

Sepanjang Rabu pagi, tiga mobil kas keliling bank membuka layanan penukaran uang. Mereka berasal dari Bank Indonesia, BRI, dan BPD Yogyakarta.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X