Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Bung Karno di Blitar, Ada Brokohan hingga Launching Kampung Pancasila

Kompas.com - 06/06/2018, 13:56 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah lingkungan wilayah kemasyarakatan di Kota Blitar, Jawa Timur, ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai Kampung Pancasila.

Wilayah tersebut terhampar mulai dari Rukun Warga (RW) 1 sampai RW 3 di Lingkungan Krajan, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

Kepala Bagian Humas Pemkot Blitar Gigih Mardana mengatakan, penetapan Kampung Pancasila itu akan berlangsung pada 6 Juni 2018 bersamaan dengan peringatan Hari Kelahiran Bung Karno.

"Launchingnya malam," ujar Gigih Mardana, Selasa (5/6/2018).

Baca juga: Ndalem Pojok Kediri Gelar Mocopat Peringati Kelahiran Bung Karno

Pemkot Blitar menjadikan lingkungan tersebut sebagai bagian dari kawasan percontohan penerapan Pancasila karena beberapa alasan.

Kebetulan pada kampung tersebut, kata Gigih, warga masyarakat dalam tindak tanduk kesehariannya mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pondasi negara.

Pada lingkungan tersebut, misalnya warganya cukup heterogen yang melambangkan kebhinekaan namun tetap hidup secara rukun dan damai. Selain itu kegigihan warga dalam menjalani hidup juga tergambar pada kreativitas warganya.

Sehingga, semangat Pancasila pada lingkungan itu dianggap tidak hanya sekedar penampakan fisiknya tetapi juga termanifestasikan pada tata nilai sosialnya.

"Komitemannya kuat dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila." pungkasnya.

Baca juga: Peringati Bulan Bung Karno, Hasanuddin Luncurkan Lampu Hasanah

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Blitar Triman mengatakan, selain peresmian Kampung Pancasila, peringatan Hari Lahir Bung Karno di wilayah Blitar juga akan dimeriahkan dengan acara brokohan Pancasila.

Brokohan atau kirim doa keselamatan itu menurutnya akan dihelat oleh para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan GMNI.

"Kegiatan itu akan digelar di kawasan Makam Bung Karno mulai sore hari," ujar Triman. 

Kompas TV Prabowo didampingi anak sang proklamator Rachmawati Soekarnoputri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com