Polisi Amankan 4 Tukang Parkir Liar karena Memakai Badan Jalan

Kompas.com - 06/06/2018, 00:13 WIB
Polisi saat melakukan penertiban parkir liar di kawasan Transmart, Jalan Ahmad Yani II, Kubu Raya (5/6/2018) Dok. Polresta Pontianak KotaPolisi saat melakukan penertiban parkir liar di kawasan Transmart, Jalan Ahmad Yani II, Kubu Raya (5/6/2018)

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota Pontianak Kota mengamankan empat orang juru parkir dalam penertiban gabungan parkiran liar di lingkungan parkir Transmart, Kubu Raya, Selasa (5/6/2018) sore.

Keempat juru parkir liar tersebut masing-masing berinisial HR, YP, HK dan MU. Mereka diamankan karena menggunakan badan Jalan Ahmad Yani II sebagai lahan parkir.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pontianak Kota, Kompol Salbiah mengatakan, saat diamankan keempat juru parkir tersebut sedang melakukan praktik parkir di luar area Transmart dengan menggunakan badan jalan umum.

"Empat orang tersebut kemudian dibawa ke Mapolresta untuk dilakukan pendataan dan pembinaan sekaligus introgasi singkat," ujar Salbiah, Selasa malam.

Berdasarkan hasil interogasi, ungkap Salbiah, petugas parkir yang beroperasi di luar area Transmart merupakan anggota dari Forum Peduli Desa Sungai Raya (FPDSR). Organisasi tersebut berdiri sekitar bulan September 2017 yang lalu.

Baca juga: Pengelola Parkir yang Naikkan Tarif Parkir Selama Lebaran Akan Ditindak Tegas

"Alasan berdirinya forum tersebut karena adanya kerja sama antara masyarakat dan pengusaha (Transmart & Bumi Raya), di mana forum tersebut sebagai wadah aspirasi masyarakat sekitar terhadap pembangunan Transmart," ungkap Salbiah.

"Kemudian untuk menggunakan masyarakat sekitar sebagai tenaga kerja, sebanyak 70 persen diserap tenaga kerja dari masyarakat sekitar," tambah Salbiah.

Untuk menangani juru parkir liar tersebut, jelas Salbiah, pihaknya telah mengoordinasikan petugas parkir yang menjadi anggota forum dengan manajer dari Transmart dan Bumi Raya.

Koordinasi tersebut dalam hal penggunaan wilayah Transmart dan Bumi Raya untuk area parkir sementara.

Keberadaan parkir liar tersebut, kata Salbiah, berawal ketika pembukaan Transmart. Saat itu, penggunjung membeludak dan tempat parkir di dalam area Transmart tidak cukup.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X