Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Solo Pilih Tak Libur demi Pantau Warga yang Mudik

Kompas.com - 05/06/2018, 14:59 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan tidak akan mengambil libur saat arus mudik Lebaran.

Ia ingin bersama jajarannya berkeliling dan memantau arus mudik di wilayah Solo, Jawa Tengah.

"Liburan (Lebaran) saya enggak akan libur. Ingin tetap memantau para warga masyarakat yang ingin mudik di Solo," kata pria yang akrab disapa Rudy seusai memimpin apel bersama kesiapan jajaran pemkot dalam pelayanan mudik dan balik Lebaran 2018 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/6/2018).

Rudy mengungkapkan, persiapan menyambut Lebaran dari tahun ke tahun terus dievaluasi. Daerah rawan kecametan yang biasa terjadi telah dipetakan. Sehingga pada arus mudik maupun balik Lebaran nanti sudah tidak ada lagi kawasan rawan macet.

"Titik kemacetan dan rawan macet sudah kita petakan, sehingga harapan saya sudah tidak ada lagi WA (WhatsApp) masuk ke saya, Pak di sana macet dan sebagainya," paparnya.

Menurut Rudy, semua kendaraan operasional Lebaran dari jajaran Pemkot Surakarta sudah dipersiapkan jauh hari.

Baca juga: Tim Medis Bersiaga di Rest Area Jalan Tol hingga Jalur Reguler Semarang-Solo

 

Dipastikan semua kendaraan itu dalam kondisi prima. Baik kendaraan operasional dari Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan lainnya.

"Termasuk pompa pemadam kebakaran semuanya sudah siap. Persiapan itu sudak kita lakukan jauh hari sehingga dapat melayani masyarakat dengan baik selama arus mudik dan balik Lebaran," terang dia.

Semua petugas di jajaran Pemkot Surakarta yang diterjunkan selama arus mudik dan balik Lebaran akan bertugas selama 24 jam dengan sistem shift atau bergiliran.

Baca juga: Lempar Rombongan Suporter Persebaya di Kota Solo, 17 Orang Ditangkap

 

Untuk jajaran Dishub, Satpol PP, BPBD dan Damkar akan berpatroli selama 24 jam. Patroli dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi selama Lebaran.

"Dengan adanya patroli ini masyarakat merasa nyaman dan aman bahwa Pemkot Surakarta lebih mengutamakan dan mengedepankan pelayanan," papar Rudy.

Kompas TV Inilah suasana pasar kuliner ramadan di kampung Mlinjon, Klaten, Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com