Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Kesiapan Angkutan Lebaran, Dishub Ramp Check 4 PO Bus di Solo

Kompas.com - 05/06/2018, 14:30 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) persiapan armada bus angkutan Lebaran di empat perusahaan otobus (PO) di Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/6/2018).

Keempat PO itu antara lain, Mulyo Indah, Muncul, Rajawali dan Rosalia Indah.

Koordinator kegiatan ramp check Dishub Kota Solo, Anindito Prayoga menjelaskan, pemeriksaan kelaikan kendaraan tersebut sudah menjadi kegiatan rutin tahunan menjelang masa angkutan mudik Lebaran.

Tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan dan persiapan armada bus angkutan Lebaran.

"Bus untuk angkutan Lebaran kami cek dahulu. Setelah ramp check memenuhi ketentuan baru kemudian kami pasangi stiker bahwa bus itu sudah laik jalan," terang pria yang juga menjabat Kepala Bidang Pengujian dan Perbengkelan Dinas Perhubungan Kota Solo tersebut. 

Baca juga: Tim Medis Bersiaga di Rest Area Jalan Tol hingga Jalur Reguler Semarang-Solo

Pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat yang mudik Lebaran menggunakan transportasi darat terutama bus supaya memanfaatkan armada bus yang sudah dipasangi stiker dari Dinas Perhubungan.

Sebab, bus yang telah dipasangi stiker sudah memenuhi unsur pemeriksaan kelaikan kendaraan untuk angkutan Lebaran.

"Jadi, masyarakat yang menggunakan bus yang telah diuji kelaikannya tersebut dijamin perjalanan bisa lebih aman dan nyaman," imbuh dia.

Ramp check difokuskan pada unsur administrasi, meliputi buku KIR, SIM, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), dan kartu pengawas.

Unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan, sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson.

Baca juga: Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Solo Pasang Barikade di Jalur Macet dan Liburkan CFD

"Tadi ditemukan ada ban depan bus yang habisnya tidak merata. Tapi, sudah kami beritahu supaya ban itu diganti yang baru," kata Anindito.

Selain melakukan ramp check di PO bus, terang Anindito, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan armada bus di terminal penumpang tipe A Tirtonadi Solo.

Sementara itu, Kepala Operasional PO Bus Mulyo Indah Joni mengatakan, bus angkutan Lebaran 2018 yang diterjunkan ada sekitar 23 unit. Terdiri 20 unit bus angkutan kota antarprovinsi (AKAP) dan tiga antarkota dalam provinsi (AKDP).

"Semua sudah siap. Kami terjunkan 20 bus AKAP dan tiga bus AKDP untuk Lebaran tahun ini," terang Joni.

Baca juga: Dishub Solo Sediakan Mobil Derek Gratis 24 Jam Selama Arus Mudik dan Balik

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang arus mudik diprediksi mulai terjadi pada H-7 Lebaran. 

Meskipun demikian, kata Joni peningkatan jumlah penumpang mudik Lebaran tidak terlalu signifikan. Karena tidak sedikit penumpang mudik Lebaran yang memilih menggunakan jalur kereta api maupun udara (pesawat).

"Penumpang bus sekarang jumlahnya semakin menurun. Kebanyakan mereka sekarang memilih menggunakan jalur kereta api, pesawat maupun kendaraan pribadi," ungkap dia.

Kompas TV Komisi V DPR menggelar rapat kerja, bersama menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi, untuk membahas persiapan mudik 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com