Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik-titik Rawan Macet di Pantura Jateng yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 04/06/2018, 14:46 WIB
Ari Widodo,
Farid Assifa

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Menjelang arus mudik Lebaran, sejumlah titik di Jalur Pantura, Jawa Tengah, rawan kemacetan.

Jalur yang berpotensi padat kendaraan dan rawan kemacetan adalah Brebes, Tegal, Pekalongan, Kendal, dan Semarang.

"Titik kemacetan itu karena adanya pasar tumpah. Pemudik yang melintas di wilayah itu diimbau berhati-hati dan waspada serta bersabar," kata Budi Wibowo, Asisten III Bidang Administrasi Sekda Pemprov Jateng seusai memantau kesiapan Pemkab Demak menghadapi  mudik Lebaran, Senin (4/6/2018).

Di Kabupaten Pekalongan, titik rawan macet berada di sekitar Pasar Wiradesa. Lalu di Kabupaten Tegal, kemacetan kerap terjadi di di sekitar Pasar Surodadi. Sementara di Kabupaten Kendal, kemacetan terpantau di sekitar Pasar Cepiring.

Baca juga: Jelang Mudik, Ketua DPR Ingatkan Pemerintah Audit Jembatan Tua di Pantura

Sementara di Semarang, yang perlu diwaspadai adalah kamacetan di seputaran Pasar Mangkang, Tol Krapyak, serta genangan rob di Genuk.

"Pantura Jateng merupakan jalur padat kendaraan. Selama mudik Lebaran akan terjadi peningkatan volume kendaraan dan pasar tumpah itu berada di pinggir jalan raya sehingga rawan terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan," bebernya.

Baca juga: Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Solo Pasang Barikade di Jalur Macet dan Liburkan CFD

Guna mengantisipasi kemacetan karena adanya pasar tumpah itu, selain dipasangi pembatas jalan, disiagakan juga sejumlah petugas gabungan dari TNI, Polri, satpol PP, dan dinas perhubungan setempat.

"Yang membuat macet itu karena pedagang berjualan di luar pasar. Solusinya, petugas harus ada di depan pasar sebelum pedagang datang dan menggelar dagangannya. Kita tertibkan, kita dorong mereka (pedagang) agar masuk ke dalam pasar dan tidak menggunakan badan jalan untuk berjualan," ujarnya.

Kompas TV Jalur alternatif selatan Tasikmalaya penghubung Bandung, Garut dan Tasikmalaya siap dilalui pemudik saat arus mudik lebaran nanti.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com