Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Pemesan Taksi Kini Tersedia di Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Kompas.com - 01/06/2018, 12:38 WIB
Mela Arnani,
Ervan Hardoko

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) menyediakan fasilitas baru di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Kementerian BUMN melalui akun Twitter resminya menjelaskan, fasilitas ini berupa layanan pemesanan taksi yang bisa dilakukan penumpang secara mandiri untuk berbagai tujuan di Yogyakarta.

Nama fasilitas ini adalah Kios-K Reservasi.

Pengelola Bandara menyediakan empat unit mesin Kios-K reservasi taksi dan angkutan darat di area pengambilan bagasi Terminal A Kedatangan.

Baca juga: Gunung Merapi Meletus, Penerbangan di Bandara Adisutjipto Masih Normal

Para penumpang yang baru saja turun dari pesawat dapat melakukan pemesanan taksi dan angkutan darat menggunakan mesin ini.

Penumpang diberikan kebebasan memilih operator taksi yang diinginkan dengan tarif sesuai dengan jarak tujuan yang dipilih.

Setelah melakukan pemesanan, penumpang akan mendapatkan struk kode booking yang telah dicetak.

Langkah selanjutnya, penumpang melakukan proses pembayaran dengan menyerahkan struk tersebut kepada kasir atau kios di area lobi Terminal A Kedatangan.

Setelah proses pembayaran selesai, penumpang mendapat bukti pembayaran, kemudian diarahkan menuju pick up zone parkir utara melalui jalur underpass.

Bukti pembayaran ini diserahkan kepada pengemudi taksi atau angkutan darat, kemudian penumpang akan diantar sesuai tujuan yang sudah dipilih.

Dikutip Kompas.com dari situsweb resmi bandara, General Manajer Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama selaku General Manager mengatakan, terdapat 455 unit kendaraan taksi dan angkutan darat.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi, Bandara Adisutjipto Ditutup hingga Pukul 16.30

"Tersedia 455 unit kendaraan armada taksi dan angkutan darat yang siap memberikan layanan kepada pengguna jasa bandara," ujar Agus.

"Sudah kita siapkan 4 (empat) unit mesin dengan petugas pendamping yang siap membantu penumpang dalam pengoperasiannya," tambah Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com