Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah akan Bangun Patung Soekarno di Sejumlah Tempat

Kompas.com - 01/06/2018, 10:24 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com - Pemerintah akan membangun patung Presiden Pertama RI Soekarno di sejumlah tempat yang pernah dikunjungi Sang Proklamator.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat meresmikan Patung Soekarno di Rumah Pengasingan Soekarno di Jalan Perwira, Kelurahan Kotaraja, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (1/6/2018).

"Sebagai Mendagri, di mana Bung Karno pernah menginjakkan kakinya di Nusantara ini, maka kita akan bangun patungnya," ucap Kumolo.

Menurut Kumolo, patung itu dibangun agar generasi muda bisa tahu bahwa zaman dulu Presiden Soekarno berangkat dari Batavia Jakarta ke sejumlah tempat di Indonesia hingga ke perbatasan NKRI, selama berbulan bulan hanya dengan menumpang kapal laut.

Presiden Soekarno, lanjut Kumolo, pada masanya ingin singgah ke pulau yang paling dekat dengan Australia.

Selain Ende, pulau lain yang akan dibangun patung Soekarno yakni Pulau Rondo di Aceh, Atambua (Kabupaten Belu) dan Kabupaten Malaka, NTT, Maluku dan Bengkulu.

"Akan kami pasang patungnya Bung Karno. Bukan kita menghormati patungnya, tapi arti semangat dari Bung Karno yang ingin kita apresiasi,"ucapnya.

Selain patung Soekarno, pihaknya juga akan memasang lambang Bhineka Tunggal Ika dengan lima silanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com