Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabupaten Gresik Kembali Raih Opini WTP dari BPK

Kompas.com - 31/05/2018, 21:39 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.comKabupaten Gresik kembali mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas pengelolaan keuangan daerah sepanjang 2017.

Predikat itu sebenarnya bukan kali pertama didapatkan oleh daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan dan Kota Surabaya tersebut. Predikat yang sama didapat Kabupaten Gresik untuk pengelolaan keuangan tahun 2015 dan 2016.

Adapun piagam WTP untuk tahun ini langsung diserahkan oleh pelaksana tugas (Plt) Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur (Jatim) Ayub Amali kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di kantor BPK Perwakilan Jatim, Kamis (31/5/2018).

“Penghargaan ini sebagai apresiasi atas komitmen jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), khususnya BPPKAD dalam menciptakan sistem pengelolaan keuangan yang akuntabel, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Sambari dalam press release yang diterima Kompas.com, Kamis (31/5/2018).

Sambari juga mengatakan, raihan opini WTP dari BPK Republik Indonesia untuk kali ketiga ini merupakan hasil kerja sama semua pihak di jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gresik, serta atas dukungan dan doa dari warga Gresik.

Baca juga: Ada Sejumlah Masalah, Kota Bandung Gagal Lagi Raih WTP dari BPK

Ia mengatakan, transparansi pengelolaan keuangan selalu diterapkan oleh pihaknya sejak awal masa menjabat hingga kini.

Sambari juga mengatakan akan terus memberi motivasi kepada jajaran pengelola keuangan, serta memberi instruksi kepada semua kepala OPD untuk menyajikan laporan keuangan yang akuntabel, update, serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk penyusunan laporan keuangan, selalu kami terapkan sesuai dengan kaidah-kaidah akuntansi yang telah dipersyaratkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik, Andhy Hendro Wijaya menjelaskan, pihaknya akan terus mempertahankan opini WTP.

Baca juga: Purwakarta 3 Kali Meraih Opini WTP dari BPK RI

 

Untuk mencapai tujuan itu, ia mengharapkan kerja sama dari semua pihak, terutama OPD di lingkungan Pemkab Gresik.

“Pemerintah Kabupaten Gresik akan berupaya selalu melakukan perbaikan guna mencapai kesempurnaan dalam tata kelola keuangan daerah yang lebih baik lagi,” kata Andhy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com