Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Trafik Kendaraan Masuk Tol Purbaleunyi Diprediksi Naik 14 Persen

Kompas.com - 31/05/2018, 14:26 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Jasa Marga(Persero) Cabang Purbaleunyi memprediksi adanya peningkatan volume trafik kendaraan yang melalui Tol Purbaleunyi pada mudik Lebaran 1439 H ini.

"Terkait prediksi pada saat mudik kemungkinan ada peningkatan volume trafik sekitar 14 persen, jadi normalnya 188.000 kendaraan ke 214.000 kendaraan," Kata General Manager (GM) Jasa Marga Cabang Purbaleunyi yang ditemui Pemaparan dan Gelar pasukan kesiapan arus mudik Lebaran 1439 H di Kantor PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Rabu (30/5/2018).

Adapun indikasinya yakni dimulainya libur sekolah pada 4 Juni 2018 (H-11), dan cuti bersama pada tanggal 11-14 juni 2018 dan 17 -20 Juni 2018. Oleh karena itu, pihaknya memprediksi puncak arus mudik terjadi pada tanggal 9 juni 2018 (H-6) dan 10 juni 2018 (H-5).

Gate tol (GT) Pasteur dan Gate Tol Cileunyi menjadi fokus perhatian pihak Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, pasalnya dua titik ini kerap terjadi kepadatan atau antrean kendaraan pada saat mudik Lebaran.

Baca juga: 2,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melewati Jawa Barat pada Mudik Lebaran 2018

"Antisipasi dua titik di GT Cileunyi dan GT Pasteur, juga lokasi kepadatan seperti di rest area," Jelasnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan itu, PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi telah membuat skenario pengaturan lalu lintas yang juga telah dikomunikasikan dengan kepolisian.

Pihaknya juga telah menyiapkan 70 personel satuan tugas beserta ratusan tim operasional yang terdiri dari pengumpul tol dan LJT yang bakal memastikan rencana berjalan dengan lancar.

"Satgasnya satu, ini bertangung jawab atas kelancaran lalu lintas atau operasional baik di ruas Padaleunyi atau Padalarang," jelasnya.

Tidak hanya itu, pelayanan lalu lintas pun di persiapkan seperti menyiapkan kendaraan LJT sebanyak 9 unit, Mobil derek 15 unit serta cadangannya 7 unit, Mobil ambulance 4 unit, mobil rescue 2 unit, posko kesehatan 6 posko, toilet mobile 6 unit, dan mobil tangki air 3 unit. Masing-masing unit akan disiapkan di beberapa titik yang telah ditentukan.

Baca juga: Cerita Masinis Jadi Bang Toyib dan Bahagia Lihat Antusiasme Warga Mudik Lebaran...

Adapun pelayanan lalu lintas yang dipersiapkan seperti menderek kendaraan mogok keluar gerbang tol terdekat, tempat istirahat, kantong parkir pool ruas 108 A dan kantong parkir Padalarang Timur.

Untuk kecelakaan kendaraan akan diderek keluar gerbang tol Jatiluhur, Padalarang Barat dan Buah Batu.

Antisipasi adanya kendaraan yang terbakar, Pihak Jasa Marga juga menyiapkan tangki air 5000 liter yang bakal sigap selama 24 jam di kantor cabang Pdl Timur serta bekerja sama dengan Damkar KBI, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Cimahi.

Baca juga: INFOGRAFIK: Titik Rawan yang Harus Anda Waspadai di Jalur Mudik Lebaran 2018

Kompas TV Bulan Ramadan adalah bulan untuk melatih pengendalian diri, tidak hanya dalam hal berpuasa, namun juga melatih diri mengendalikan keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com