Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal ASDP Indonesia Ferry Terbakar Diduga Akibat Korsleting

Kompas.com - 31/05/2018, 05:19 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LINGGA, KOMPAS.com - Kapal PT ASDP Indonesia Ferry atau yang lebih dikenal kapal Roll on – Roll (Roro) tujuan Pelabuhan Jagoh-Penarik, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) mengalami kebakaran sekitar pukul 18.25 WIB, Rabu (30/5/2018).

Belum diketahui penyebab utamanya kapal ini hangus terbakar. Namun dugaan awal, kebakaran ini akibat hubungan arus pendek atau korsleting.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas A Tanjungpinang, Budi Cahyadi membenarkan kejadian tersebut. Bahkan begitu mendapatkan info, BNPP Pos Lingga langsung turun ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan.

"Tim basarnas langsung terjun ke TKP untuk memberikan pertolongan, dan dugaan awal kejadian ini disebabkan akibat hubungan arus pendek yang terjadi pada lantai dua kapal tersebut," kata Budi, Rabu (30/5/2018).

Baca juga: Kapal Terbakar di Karimunjawa Tenggelam Beserta Puluhan Kendaraan Milik Penumpangnya

Beruntung saat kejadian kapal tersebut baru saja siap menurunkan penumpang, sehingga tidak memakan korban jiwa.

"Saat ini api berhasil dipadamkan meski kondisi kapal sudah hangus terbakar. Namun untuk korban jiwa sama sekali tidak ada, hanya saja kerugian ditaksir triliunan rupiah," jelas Budi.

Baca juga: Angkut Ratusan Penumpang, Kapal Terbakar di Perairan Karimunjawa

Saat ini, petugas SAR Pos Lingga, Polisi, TNI AL, Satpol PP, Dishub, ABK Roro dan masyarakat setempat sedang melakukan pembersihan pasca-kebakaran hebat tersebut.

"Ada beberapa ruangan yang rusak dari kebakaran ini, di antaranya ruang plafon penumpang, mushala, tenda ruang penumpang dan lemari life jacket yang juga ikut hangus," katanya.

Kompas TV Sementara itu, enam kru kapal yang menurut saksi mata selamat juga belum diketahui keberadaannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com