Berburu Batik Tulis Besurek Asli di Bengkulu, Ini Tempatnya...

Kompas.com - 30/05/2018, 15:19 WIB
Peresmian Rumah Batik Canting Emas oleh Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu KOMPAS.com/FIRMANSYAHPeresmian Rumah Batik Canting Emas oleh Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.com - Mengunjungi Bengkulu tanpa membawa oleh-oleh batik tulis besurek khas daerah itu adalah satu tindakan yang kurang lengkap. Beberapa sentra penjualan batik tulis dapat ditemukan di Bengkulu.

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu meresmikan Rumah Batik Canting Emas sebagai pusat penjualan, pameran (display), hasil kerajinan tangan batik tulis khas Bengkulu yang dijamin asli buatan perajin batik lokal.

"Ini kerja sama banyak pihak antara pengrajin batik besurek, BI, Pemda mendampingi pembatik besurek yang nyaris punah," kata Kepala BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, Rabu (30/5/2018).

Baca juga: Batik Besurek dalam Pusaran Peradaban Bengkulu


Ia mengatakan rumah batik juga memberikan jaminan barang yang dipajang dan dijual merupakan asli buatan tangan pembatik besurek Bengkulu.

"Ini asli Bengkulu. Selama ini batik besurek banyak dibuat di luar Bengkulu karena pembatik lokal mati suri," ungkapnya.

Batik besurek dalam beberapa pameran kerap mendapat pujian baik dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo, kalangan menteri hingga artis seperti Maudy Koesnadi.

"Ini sebagai wadah para pembatik tulis Bengkulu. Mereka bisa menjual dan menitipkan hasil karya untuk diapresiasi masyarakat," tambah Endang. 

Baca juga: Selamatkan Batik Besurek Khas Bengkulu!

Kompas TV Kreasi toples lukis hasil karya perajin asal Malang, Jawa Timur dapat digunakan untuk mempercantik sajian kue lebaran.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X