Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ariel, Bocah Autis Yatim Piatu Ini Senang Ikut Buka Puasa dengan Bupati

Kompas.com - 28/05/2018, 20:03 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Fazril Yusuf (13), bocah penyandang autis terlihat tersenyum lebar saat hadir pada buka bersama yang dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Pasar Blambangan, Senin (28/5/2018).

Bocah yang akrab dipanggil Ariel tersebut adalah salah satu dari enam penerima santunan untuk yatim piatu dalam acara tersebut.

Orangtua Ariel meninggal sejak beberapa tahun yang lalu dan Ariel tinggal bersama dengan kerabatnya.

Selain mendapatkan santunan, kebahagiaan Ariel adalah bisa bertemu langsung dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Ke sini tadi jalan kaki kan rumah deket sama pasar. Seneng bisa ketemu langsung sama bupati. Biasanya kan cuma lihat dari jauh. Ariel sering ngajak deket bupati tapi kan kita bukan siapa-siapa. Takut mau deket. Kalau gini kan ketemu langsung bisa salaman dapat santunan," kata Yani (48), bibi Ariel kepada Kompas.com, Senin (28/5/2018).

Selama berlangsungnya acara, tatapan Ariel tidak lepas dari panggung. Sambil terbata-bata, Ariel menyebutkan nama Bupati Anas sambil menunjuk ke panggung.

"Pak Anas, Pak Anas., minum," katanya saat waktu buka puasa telah tiba.

Baca juga: Berburu Menu Buka Puasa di 2 Pusat Takjil di Kediri

Bibinya dengan telaten mengambilkan air minum kemasan kepada keponakannya saat azan maghrib berkumandang.

Kepada Kompas.com, Yani bercerita, ayah Ariel meninggal saat bocah itu masih dalam kandungan. Ibunya kemudian menyusul meninggal karena sakit ketika Ariel masih berusia dua tahun.

"Sudah hampir 3 tahun ini Ariel sekolah di SLB. Tapi ya gitu kadang nggak ada yang ngantar. Saya kan jualan di rumah. Kadang suami saya yang nganter, kadang juga naik becak. Tapi nggak tega kalau dia berangkat sendirian," kata Yani.

Namun Yani mengaku akan melakukan apapun agar keponakannya tersebut bisa sekolah.

"Selama sekolah banyak perubahan perilaku baik. Saya ingin nanti dia bisa mandiri. Jadi sering saya ajak keluar rumah agar bisa bersosialisasi. Seperti ke sini ini," katanya.

Acara safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga dihadiri oleh para pedagang Pasar Blambangan, tukang becak serta tukang parkir.

Baca juga: Puluhan Warga di Bogor Diduga Keracunan Usai Makan Tutut Saat Buka Puasa

Dalam sambutannya, Bupati Anas berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan dengan banyak beramal.

"Pasar kan ramai yang beli tapi jangan lupa amalnya juga harus diperbanyak. Mumpung Ramadhan. Pahalanya akan berlipat-lipat," jelas Anas.

Kompas TV Pada bulan Ramadan biasanya masjid-masjid menampilkan ciri khasnya. Salah satunya masjid Darussalam di Solo, Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com