Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pekan Lagi, Enam Trainset LRT Dikirim ke Palembang

Kompas.com - 26/05/2018, 22:01 WIB
Aji YK Putra,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com- Sebanyak enam trainset Light Rail Transit (LRT) yang dibuat oleh PT INKA di Madiun, Jawa Timur akan dikirim ke Palembang, Sumatera Selatan dalam waktu dekat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, enam trainset LRT itu akan tiba sekitar dua hingga tiga pekan ke depan. Sebelumnya dua trainset  telah berada di Palembang untuk dilakukan uji coba.

“Progres fisiknya sudah selesai dan sekarang memasuki tes dinamis, sekitar dua sampai tiga minggu lagi akan dikirim enam trainset ke Palembang,” kata Budi di Palembang, Sumatera Selatan Sabtu (26/5/2018).

LRT Palembang sendiri rencananya memiliki delapan trainset.  Kapasitas satu trainset bisa mengangkut sebanyak 400 penumpang.

Baca juga: Paling Telat Juni 2018, PT Inka Kirim Sisa LRT Asian Games

Hasil tes dinamis pun sangat penting dilakukan untuk menguji lintasan serta pasokan listrik sebelum enam trainset kereta datang ke Palembag.

“Jadi ketika uji dinamis semuanya sudah selesai, enam trainset yang datang tinggal jalan saja,”ujarnya.

Penggunaan LRT di kalangan masyarakat diharapkan Budi dapat menjadi lifestyle serta kebutuhan untuk mengurangi kemacetan di Palembang. Sehingga dengan adanya LRT jumlah warga yang menggunakan kendaraan pribadi di jalan raya dapat berkurang.

“LRT juga jadi kebanggaan masyarakat Palembang, kami akan terus sosialisasikan kepada mahasiswa atauapun masyarakat umum cara naik LRT ini bagaiamana,” ungkap putra asli Sumsel ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com