Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Uji Dinamis LRT Palembang, Kecepatan Tembus 35 Km Per Jam

Kompas.com - 26/05/2018, 21:05 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dari hasil tes uji dinamis Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, kecepatan kereta telah berhasil menembus 35 kilometer (km) per jam.

Budi Karya mengatakan, tes uji dinamis LRT Palembang berjalan dengan lancar dan tak mendapatkan hambatan apapun, baik infrastruktur bangunan LRT maupun pasokan listrik.

"Konstruksi sudah selesai semua dari mulai rel sampai bangunan tiang LRT. Kemarin hasil uji coba tes dinamis, kereta sudah tembus kecepatan 35 kilometer per jam. Besok, saya akan ke lokasi untuk melihat langsung (uji coba),” kata Budi Karya, di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (26/5/2018).

Baca juga: LRT Palembang Diuji Coba, Begini Hasilnya...

Kereta LRT Palembang ditargetkan selesai dan bisa beroperasi tiga hingga empat minggu sebelum pelaksanaan Asian Games. Percepatan pengerjaan LRT, diperuntukkan sebagai fasilitas penunjang bagi para atlet tamu negara yang akan bertanding.

"Setelah selesai digunakan untuk Asian Games, LRT Palembang diperuntukkan sebagai angkutan umum masyarakat. Ini salah satu investasi terbesar di Palembang,” ujarnya.

Untuk tarif sendiri, Budi memperkirakan sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 kepada masyarakat Palembang.

"Tarif akan difinalkan terlebih dahulu, perkiraannya Rp 5.000, dan untuk ke Bandara Rp 10.000. Nanti akan  disosialisasikan ke masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Malam Ini, Uji Coba LRT Palembang Dilakukan Tertutup

Kompas TV Sementara, pemerintah juga telah menyiapkan bonus besar bagi para atlet Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com